Ada Ladang Ganja di Gunung Guntur Garut, Aparat Lakukan Penyisiran

Kompas.com - 20/01/2020, 20:50 WIB
Aparat Gabungan melakukan penyisiran di kawasan TWA Gunung Guntur, Senin (20/01/2020) untuk mencari ladang ganja (Hamdout KSDA Garut) KOMPAS.COM/ARI MAULANA KARANGAparat Gabungan melakukan penyisiran di kawasan TWA Gunung Guntur, Senin (20/01/2020) untuk mencari ladang ganja (Hamdout KSDA Garut)

GARUT, KOMPAS.com - Aparat gabungan dari TNI-Polri dan BKSDA Jawa Barat menyisir kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Guntur pasca-penemuan ladang ganja di lokasi itu, Sabtu (18/01/2020).

Kepala seksi KSDA wilayah V Garut, Dodi Arisandi, mengakui, tempat penanaman 30 batang pohon ganja memang berada di kawasan TWA Gunung Guntur.

"Iya di TWA, hari ini kita lakukan penyisiran barangkali ada ladang ganja lainnya di kawasan TWA," jelas Dodi di ruang kerjanya, Senin (20/01/2020).

Menurut Dodi, luas TWA Gunung Guntur mencapai 250 hektare. Sementara, jumlah petugas yang menjaga terbatas.


Baca juga: Jalan Panjang Penemuan Ladang Ganja di Kawasan Gunung Guntur

Karenanya, pihaknya ke depan akan melakukan patroli intensif dengan melibatkan masyarakat agar mereka juga mau menjaga kawasan TWA Gunung Guntur.

Dihubungi terpisah, Komandan Koramil Tarogong Kapten Inf Dedi Saefulloh mengakui ada operasi penyisiran yang dilakukan aparat gabungan untuk menelusuri lebih dalam kemungkinan adanya ladang ganja lain di kawasan TWA Gunung Guntur.

"Saya juga baru turun dari lokasi, anggota masih melakukan penyisiran," jelas Dedi saat ditemui disela acara peletakan batu pertama kantor Kadin Garut oleh Bupati Garut, Senin (20/01/2020).

Dedi mengaku, pihaknya menemukan gubuk yang diduga dipakai penanam ganja untuk beristirahat.

Lokasi gubuk ini tidak jauh dari lokasi ladang ganja yang ditemukan pada Sabtu lalu.

"Ada saung (gubuk) tidak jauh dari lokasi tadi kita temukan, ada sisa-sisa bungkus makanan juga di sana," kata Dedi.

Karenanya, menurut Dedi, upaya penyisiran terus dilakukan untuk mengungkap kemungkinan ada ladang ganja lain di kawasan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X