Resmi, Reini Wirahadikusumah Dilantik Jadi Rektor ITB Periode 2020-2025

Kompas.com - 20/01/2020, 10:51 WIB
Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph. D saat berpidato dalam prosesi pelantikan di Aula Barat ITB, Jalan Ganesha, Bandung, Senin (20/1/2020). KOMPAS.COM/DENDI RAMDHANIRektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph. D saat berpidato dalam prosesi pelantikan di Aula Barat ITB, Jalan Ganesha, Bandung, Senin (20/1/2020).

BANDUNG, KOMPAS.com - Majelis Wali Amanat (MWA) Institut Teknologi Bandung (ITB) secara resmi melantik Prof Reini Wirahadikusumah, PhD sebagai Rektor ITB periode 2020-2025. Reini merupakan rektor perempuan pertama dalam perjalanan ITB.

Proses pelantikan dilaksanakan di Aula Barat ITB, Jalan Ganesha No 10, Kota Bandung, Senin (20/1/2020).

Hadir dalam acara itu Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan para tokoh Jawa Barat lainnya.

Ketua MWA ITB Yani Panigoro mengatakan, terpilihnya Reini menjadi catatan sejarah penting ITB yang tahun genap berusia 100 tahun.

"Hadirnya rektor perempuan ITB bagi sivitas merupakan terobosan sejarah untuk seluruh warga kampus. Selain itu, beliau juga tercatat sebagai rektor perempuan pertama dalam 100 tahun eksistensi ITB," kata Yani dalam sambutannya.

Baca juga: Reini D Wirahadikusumah Terpilih Jadi Rektor ITB Baru 2020-2025

Selain meminta untuk meningkatkan ranking ITB di tingkat global, Yani juga menitipkan agar program yang dibawa oleh Reini bisa memberikan perhatian lebih terhadap program pemerintah pusat.

"Untuk terus maju ke jenjang berikutnya, seyogianya memberi perhatian kepada visi Presiden dan kementerian, yaitu SDM Unggul. Diinterpretasikan jadi dua hal, merdeka belajar dan dosen penggerak. Bagaimana rektor dan dosen bisa meramu di program kerja. Sebagai wadah sivitas, ITB harus tetap mengedepankan jati diri yang menjunjung tinggi akses dan kemerdekaan belajar," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, MWA ITB menetapkan dan mengesahkan Prof Reini D Wirahadikusumah sebagai Rektor ITB periode 2020-2025.

Reini menggantikan Rektor ITB periode 2014-2019, Prof Kadarsah Suryadi.

Keputusan tersebut merupakan hasil sidang MWA ITB di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta pada Jumat (8/11/2019) yang turut dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. 

Baca juga: Pemilihan Rektor ITB dan Suara Nadiem Makarim yang Menentukan...



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X