Pemilihan Rektor ITB dan Suara Nadiem Makarim yang Menentukan...

Kompas.com - 27/10/2019, 12:11 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim saat pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim saat pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju.

BANDUNG, KOMPAS.com – Untuk pertama kalinya, Nadiem Makarim akan memberikan suaranya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam pemilihan rektor (Pilrek) perguruan tinggi negeri di Indonesia.

“Ini (pilrek) pertama yang dipilih (Menteri Nadiem),” ujar Ketua Senat Akademik Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof Hermawan Kresno Dipojono saat dihubungi Kompas.com, Minggu (27/10/2019).

Menurut sepengetahuan dirinya, ada 11 PTNBH yang mewajibkan menteri memberikan suara dalam pemilihan rektor. Dari 11 PTNBH itu yang paling dekat akan melaksanakan pilrek adalah ITB.

“Seingat saya, yang lainnya sudah selesai. Kaya UI (Universitas Indonesia), IPB (Institut Pertanian Bogor), Unpad (Universitas Padjadajaran), ITS (Institut Teknologi Sepuluh November),” tuturnya.

Baca juga: “ITB Siap-siap Hadapi Terobosan Menteri Nadiem Makarim”

Hermawan menjelaskan, Pilrek ITB diikuti 30 kandidat yang sudah dikerucutkan menjadi 10 kandidat.

Mereka adalah Benyamin Sapiie, Bramantyo Djohanputro, Dwi Larso, Edy Tri Baskoro, Gusti Ayu Putri Saptawati Soekidjo, Jaka Sembiring, Kadarsah Suryadi, Reini D Wirahadikusumah, Togar Mangihut Simatupang, Widjaja Martokusumo.

Setelah melalui tahapan debat terbuka dan pemaparan ide gagasan, ke-10 kandidat ini akan disaring menjadi 6 hingga 3 lewat sidang tertutup Senat Akademik.

Kriteria penilaiannya beragam mulai dari rekam jejak, kemampuan leadership, hingga pengalaman memimpin.

Baca juga: Rektor ITB Sambut Baik Penunjukan Nadiem Makarim sebagai Mendikbud

3 nama calon rektor dan senat

Ketua Majelis Wali Amanat ITB, Prof Yani Panigoro mengatakan, bila tidak ada halangan dan sesuai rencana, MWA akan menerima 3 nama calon rektor dari senat ITB awal November ini.

Setelah itu, pihaknya akan melakukan rapat dengan Mendikbud Nadiem pada 8 November untuk membahas Pilrek ITB.

"Tanggal 8 (Novémber) ini akan dipilih rektor dari calon rektor. Nanti kita rapat dengan Mas Menteri," tuturnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X