Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Innova Rombongan Pelajar Kecelakaan di Riau, Satu Orang Tewas

Kompas.com - 24/12/2019, 17:10 WIB
Idon Tanjung,
Khairina

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Mobil travel minibus jenis Kijang Innova yang ditumpangi rombongan pelajar SMK mengalami kecelakaan di Kabupaten Bengkalis, Riau. Satu orang penumpang meninggal dunia.

Kasat Lantas Polres Bengkalis AKP Hairul Hidayat mengatakan, kecelakaan maut terjadi Senin (23/12/2019), sekitar pukul 23.00 WIB, di jalan lintas Duri-Dumai di depan simpang Cinta Damai, Desa Sebangar, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis.

Mobil Kijang Innova yang dikemudikan Ahmad Sofian (38) menabrak sebuah truk Fuso yang dikemudikan Andy Hermanto.

Baca juga: Korban Kecelakaan Bus Sriwijaya Terbawa Arus, Tim SAR Perluas Lokasi Pencarian

"Penyebab kecelakaan akibat kelalaian pengemudi mobil Kijang Innova. Kendaraan dikemudikan dalam keadaan mengantuk," kata Hairul pada wartawan, Selasa (24/12/2019).

Dia mengatakan, seorang penumpang dewasa bernama Muhammad Azimi (41) meninggal dunia. Sementara lima penumpang lainnya mengalami luka ringan.

Lima orang korban luka ringan, sebut Hairul, merupakan pelajar SMK di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). 

Mereka adalah Juni Sukmawati (16), Rayson Prasetyo (17), Juni Ismail Saragih (25), Irvan Adrian (17), dan Petrus Chanel Epi Darman Nduru (16).

Hairul menjelaskan, mobil minibus awalnya bergerak dari Kota Pekanbaru menuju Rohil membawa enam orang penumpang.

"Pada di jalan lintas Duri-Dumai, dengan kecepatan sedang, tiba-tiba pengemudi bergerak ke kanan jalan karena mengantuk. Kemudian saat bersamaan dari arah berlawanan datang mobil truk Fuso. Karena jarak yang sudah dekat, kecelakaan tak terhindarkan," sebut Hairul.

Baca juga: Korban Kecelakaan Bus Sriwijaya Sulit Diidentifikasi, Polisi Kirimkan Tim DVI

Lokasi kejadian sambung dia, kondisi jalan semenisasi rigid beton, garis marka jalan putus-putus, dan arus lalu lintas sepi saat terjadi kecelakaan.

Untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, Hairul mengimbau masyarakat berhati-hati dan waspada saat mengemudikan kendaraan.

"Kami mengimbau pengguna jalan agar tidak mengemudi dalam keadaan mengantuk. Jika merasa lelah dan mengantuk, kami menyarankan untuk istirahat. Kami dari Polres juga sudah menyediakan pos pelayanan dalam rangka Operasi Lilin 2019," tutup Hairul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com