Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11.000 Sajian Bandeng Presto di Surabaya Memecahkan Rekor Muri

Kompas.com - 15/11/2019, 12:40 WIB
Achmad Faizal,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Sajian bandeng presto memecahkan rekor Muri di Surabaya, Jumat (15/11/2019).

Sebanyak 11.000 lebih rendang bandeng presto disajikan dalam pembukaan acara Jatim Fish And Marine Exhibition 2019 di parkir timur Delta Plasa Surabaya.

Arian Siregar, Senior Manajer Museum Rekor Indonesia (Muri) mengatakan, rekor di Surabaya tersebut memecahkan rekor di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, pada 2015 lalu.

"Saat itu adal 9.939 sajian Ikan Bandeng. Kalau di Surabaya hari ini sesuai verifikasi sebanyak 11.089 sajian bandeng presto," terangnya.

Baca juga: Sedihnya Khofifah Saat Lihat Ikan Bandeng di Pasar...

Piagam penguargaan dari Muri dalam pemecahan rekor sajian bandeng presto diberikan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak, Arumi Bachsin, selaku ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Jawa Timur.

Sajian menu bandeng presto dikumpulkan dari para pelaku UMKM dari Sidoarjo dan Gresik. Sajian Bandeng Presto yang sudah dikemas lalu dibagikan secara gratis kepada pengunjung pameran.

Kepala Dinas Perikanan Dan Kelautan Provinsi Jawa Timur, Gunawan Saleh mengatakan, selain untuk promosi produk perikanan, pemecahan rekor MURI sajian menu Bandeng Presto juga sebagai upaya meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Jawa Timur.

Baca juga: Ada Ikan Bandeng Seberat 7,8 Kg di Tradisi Jelang Lebaran Kota Gresik

Tingkat konsumsi ikan masyarakat Jawa Timur disebut masih rendah. Pada 2018 lalu angkanya masih 36,82 kilogram/kapita/tahun.

"Sedangkan capaian nasional sebesar 50,69 kilogram/kapita/tahun. Semoga semakin tahun semakin meningkat angkanya," jelas Gunawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com