Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beroperasi Tahun Ini, Tarif Tiket KA Bandara Adi Soemarmo Belum Final

Kompas.com - 06/11/2019, 23:15 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Harga tiket kereta bandara (KA) Adi Soemarmo belum final karena masih dalam perhitungan PT KAI dan Angkasa Pura.

"Biaya pokok dari KAI dan dari kami belum kami hitung. Presentase berapa nanti kami sampaikan regulator, nanti mereka memutuskan ini perlu dibantu atau tidak," kata General Manajer PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman di Solo, Rabu (6/11/2019).

Baca juga: Menhub Targetkan Operasional KA Bandara Adi Soemarmo Sebelum Tahun Baru 2020

Ia mengatakan, sejauh ini pemerintah juga belum memutuskan apakah KA bandara tersebut nanti berstatus KA perintis atau bukan.

"Kalau memang ini lepas dari perintis ya cari sendiri (tarifnya). Kalau perintis nanti dibayari negara, jadi modelnya belum ketemu," kata dia.

Masih sesuai dengan perkiraan awal,  KA bandara akan mulai diresmikan dan segera beroperasi akhir tahun ini, tepatnya di kisaran tanggal 20-24 Desember 2019.

"Pengerjaannya juga sudah hampir selesai. Kalau fasilitasnya sudah selesai 100 persen, baik yang di Stasiun Solo Balapan maupun yang ada di bandara. Saat ini pengerjaan tinggal menyisakan penyambungan rel di empat titik," ujar Abdullah.

Beberapa fasilitas yang disediakan di antaranya toilet, mushala, dan fasilitas untuk penyandang disabilitas.

Menurut dia, fasilitas di stasiun bandara baik yang ada di Stasiun Solo Balapan maupun di Bandara Adi Soemarmo sama.

"Untuk kapasitas ruang tunggunya tidak terlalu luas karena satu rangkaian ada empat gerbong, satu gerbong berkapasitas 50 orang. Jadi kami siapkan ruang tunggu berkapasitas 250 orang," kata Abdullah.

Untuk memudahkan penumpang pesawat yang akan melakukan perjalanan dari Stasiun Solo Balapan, pihaknya juga menyediakan fasilitas check in tiket dan "baggage handling" atau layanan bagasi di stasiun tersebut.

Sebelumnya, terkait dengan tiket Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tarif yang ditentukan di kisaran Rp 10.000-15.000 per penumpang.

Baca juga: Ledakan di Pos Polisi Kartasura Sukoharjo, Pengamanan Bandara Adi Soemarmo Ditingkatkan

 

Meski demikian, Kementerian Perhubungan masih akan mengkaji terlebih dahulu.

"Kami akan bicara dengan Angkasa Pura apakah bisa bundling atau bayar sendiri," kata Budi saat meninjau proyek KA Bandara di Solo beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com