Sumbar Buka 3.521 Formasi CPNS, Ini Rinciannya

Kompas.com - 24/10/2019, 11:13 WIB
Ilustrasi CPNS Kemenristekdikti 2018 Dok. KemenristekdiktiIlustrasi CPNS Kemenristekdikti 2018

PADANG, KOMPAS.com - Provinsi Sumatera Barat ( Sumbar) menerima 3.521 Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) untuk formasi tahun 2019.

Penerimaan itu tersebar untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) serta Pemerintah Kota (Pemkot) se-Sumbar.

"Totalnya ada 3.521 formasi CPNS yang akan diterima tahun 2019 ini. Semuanya CPNS," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Abdul Gaffar yang dihubungi Kompas.com, Kamis (24/10/2019).

Abdul Gaffar menyebutkan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), sesuai dengan instruksi Badan Kepegawaian Nasional (BKD) tidak dibuka lowongan.

Baca juga: Rekrutmen CPNS 2019 Segera Dibuka, Ini 7 Tahap Daftar Online SSCASN

Awalnya memang pemerintah daerah telah mengajukan sejumlah formasi untuk PPPK, namun karena tidak ada formasi di BKN makanya tidak dibuka.

"Sesuai dengan instruksi BKN, untuk PPPK tidak dibuka," jelas Abdul Gaffar.

Untuk formasi CPNS yang dibuka adalah tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis dari berbagai bidang.

Abdul Gaffar menyebutkan untuk pengumuman rekruitmen CPNS dimulai secara nasional secara serentak pada akhir Oktober 2019 ini.

"Seleksi administrasi berkas pelamar bulan November 2019 dan pengumuman hasil seleksi administrasi diumumkan bulan Desember 2019," ujar Abdul Gaffar.

Kemudian, seleksi Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) dilaksanakan pada akhir bulan Januari 2020 dan Februari 2020, dan Pengumuman hasil dan pemberkasan CPNS bulan Maret sampai dengan April 2020.

Baca juga: Berencana Ikut CPNS? Ini Kelebihan dan Kekurangan Menjadi PNS

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X