Dedi Mulyadi: Susi Pudjiastuti Legenda Kelautan

Kompas.com - 23/10/2019, 19:59 WIB
Edhy Prabowo dan Susi Pudjiastuti saat acara pisah sambut Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden Joko Widodo melantik Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Istana Negara pada Rabu (23/10/2019) Pagi. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGEdhy Prabowo dan Susi Pudjiastuti saat acara pisah sambut Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden Joko Widodo melantik Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Istana Negara pada Rabu (23/10/2019) Pagi.

KARAWANG, KOMPAS.com - Akhir-akhir ini nama Susi Pudjiastuti menjadi pembicaraan di media sosial.

 

Ini karena Susi tak lagi masuk dalam jajaran menteri Jokowi.

Banyak orang yang beramai-ramai mengungkapkan penilaian terhadap mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu, termasuk anggota DPR RI Dedi Mulyadi.

Bagi Dedi, Susi merupakan legenda dalam sektor kelautan Indonesia.

Penampilannya berbeda dengan kebanyakan perempuan kelas menengah yang selalu menjaga tampilan dan ucapan sebagai bentuk tata krama dan adab di tengah masyarakat.

Susi pun muncul dengan kontroversi, bertato, merokok, dan bicara apa adanya, sebagai cermin perempuan yang lahir dari budaya pantai.

"Sebuah sikap yang terbuka dan berani karena setiap hari hidupnya berkutat melawan tingginya ombak," ujar Dedi, Rabu (23/10/2019).

Baca juga: Susi Pudjiastuti Tak Lagi Jadi Menteri, Pengamat: Publik Bisa Kecewa

Dalam tulisannya lima tahun lalu, Dedi menyebut Susi sebagai Nyi Ratu Kidul, yakni sosok perempuan cantik penguasa laut.

Akan tetapi karena narasi di Indonesia yang salah kaprah, sosok itu sering diidentikan dengan cerita mistis perempuan kejam yang banyak memakan korban.

"Padahal kekejamannya, bukan karena kebenciannya. Akan tetapi, kekejaman itu terjadi sebagai akibat dari kaum laki-laki yang tidak menjaga etika dan cenderung mengikuti hawa nafsunya," kata Dedi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X