Cegah Anak Kecanduan Gawai, Wali Kota Bandung Siapkan Program Bagi-bagi Ayam

Kompas.com - 21/10/2019, 15:10 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial KOMPAS.COM/PUTRA PRIMA PERDANAWali Kota Bandung Oded M Danial

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku prihatin dengan fenomena anak kecanduan gawai yang belakangan marak diberitakan.

Demi menanggulangi hal tersebut, Oded mengaku telah membuat program khusus untuk anak-anak di Kota Bandung.

Program tersebut adalah membagikan anak ayam kampung ke seluruh anak level sekolah dasar yang ada di Kota Bandung.

"Saya punya program, anak-anak mau saya kasih (kegiatan) memelihara anak ayam, biar mereka ada kegiatan tidak hanya main gadget saja. Kita akan kasih anak ayam kampung, kita bagikan kepada mereka secara gratis," kata Oded saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Kota Bandung, Senin (21/10/2019).

Baca juga: Atasi Anak Kecanduan Gawai, Indonesia Harus Belajar ke Jepang

Lebih lanjut Oded menambahkan, sebelum diberi anak ayam, anak-anak SD akan diajari cara memelihara anak ayam yang mudah dan murah.

"Sebelumnya kita akan adakan pelatihan kepada mereka, bagaimana cara memelihara ayam. Kasih pakannya gimana, nanti kita akan bina seperti itu. Kalau cuma satu ekor kan, bisa menggunakan dus untuk kandang. Saya berharap dengan adanya kegiatan ekstra untuk anak anak di rumah bisa mengurangi kecanduan gadget," tuturnya.

Selain untuk mengurangi kecanduan gawai, Oded mengatakan program yang rencananya dimulai sebelum masuk tahun 2020 tersebut bertujuan melatih wirausaha sedari dini untuk anak-anak usia SD.

"Sekalian juga itu ada dimensi enterpreneur, cara beternak bagaimana, terus juga dimensi anak-anak akan tumbuh dalam dirinya bagaimana menyayangi binatang, ditambah lagi mereka bisa mengerti biologi. Saya lagi cari DOC-nya dulu sekarang," katanya.

Baca juga: 200 Akademisi dari 7 Negara Bahas Solusi Atasi Anak Kecanduan Gawai

Rencana jangka panjangnya, lanjut Oded, ayam kampung yang sudah dewasa dibeli oleh Pemerintah Kota Bandung.

"Nanti bisa ditukar lagi jadi 3 anak ayam. Artinya, di Kota Bandung yang lahannya sudah susah, kita punya peternakan ayam yang dikelola oleh anak-anak SD," tandasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X