Hendri Cetak Rp 11 Juta Uang Palsu Gunakan HVS, Nomor Seri Diedit Pakai Photoshop

Kompas.com - 17/10/2019, 15:38 WIB
Direktur Ditkrimum Polda Lampung Kombes M Barly Ramadhani (tengah berkacamata) menunjukkan barang bukti printer yang digunakan untuk mencetak uang palsu, Rabu (16/10/2019). Polisi menyita uang palsu sebanyak Rp 11 juta dari tersangka Hendri Seto, warga Pesawaran. KOMPAS.com/TRI PURNA JAYADirektur Ditkrimum Polda Lampung Kombes M Barly Ramadhani (tengah berkacamata) menunjukkan barang bukti printer yang digunakan untuk mencetak uang palsu, Rabu (16/10/2019). Polisi menyita uang palsu sebanyak Rp 11 juta dari tersangka Hendri Seto, warga Pesawaran.

LAMPUNG, KOMPAS.com – Nomor seri uang palsu yang diungkap Ditkrimum Polda Lampung diedit menggunakan software pengolah foto Adobe Photoshop.

Direktur Ditkrimum Polda Lampung Kombes M Barly Ramadhani mengatakan, nomor seri pada uang palsu yang disita dari tersangka Hendri Seto (36) warga Pesawaran itu cukup variatif.

“Nomor serinya banyak yang berbeda, tetapi ada juga yang sama,” kata Barly, Kamis (17/10/2019).

Hendri Seto ditangkap Ditkrimum Polda Lampung pada Sabtu (12/9/2019), di rumahnya di Dusun Sidomulyo, Desa Trimulyo, Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran.

Polisi menyita uang palsu sebanyak Rp 11 juta dengan rincian 88 lembar pecahan Rp 100.000 dan 44 lembar uang pecahan Rp 50.000.

Baca juga: Sebanyak 17.000 Lembar Uang Palsu Beredar di Lampung

Barly mengatakan, uang palsu yang disita dari tersangka dicetak menggunakan printer yang baru dibeli tersangka satu hari sebelum ditangkap.

Tersangka Hendri mengakui untuk mengelabui dan meyakinkan bahwa uang yang diberikan kepada penagih utang adalah uang asli, dia sengaja mengedit nomor seri pada setiap uang palsu yang akan dicetak.

“Saya scan, terus diedit nomornya. Baru pertama, amatiran saya,” kata Hendri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X