Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bongkah Batu Raksasa Terguling, Tutup Akses Jalan Antardesa

Kompas.com - 11/10/2019, 22:45 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Dua bongkah batu raksasa terguling bersama material longsor dari sebuah tebing di Dusun Hanie, Desa Tial, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Jumat (11/10/2019) sore.

Tidak ada korban jiwa dan luka maupun kerusakan pada rumah warga. 

Namun kejadian itu membuat akses antardesa di wilayah itu tertutup material longsor berupa tanah dan pepohonan serta dua bongkah batu raksasa tersebut.

Salah satu anggota Polsek Salahutu, Bripka La Syarif yang juga warga dusun setempat mengaku sebelum kejadian itu terjadi, ia dan warga sempat sempat mendengar bunyi gemuruh yang sangat kuat dari kawasan tebing tersebut.

“Bunyinya sangat kuat sekali, saat itu kita langsung pergi cek ke lokasi dan ternyata terhadi longsor dan batu besar telah menutup badan jalan,” kata La Syarif saat dikonfirmasi dari Ambon, Jumat malam.

Baca juga: Tergerus Longsor, Akses Jalan Penghubung 2 Kampung di Bogor Tak Dapat Dilalui

Longsor diduga akibat gempa susulan

Dia menyebut, longsoran itu terjadi diduga karena gempa susulan yang terus dirasakan getarannya di wilayah tersebut.

Sebab sebelum terjadi longsor wilayah itu terus merasakan adanya getaran gempa.

“Kemungkinan itu karena gempa susulan yang terus terjadi,” katanya.

Terkait kejadian itu, Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua yang dikonfirmasi Kompas.com mengakui jika longsor yang terjadi bersamaan dengan tergulingnya dua bongkah batu raksasa telah memutus akses jalan antardesa di wilayah tersebut.

“Tapi tidak ada korban jiwa mapun rumah warga di sekitar situ yang rusak,” katanya.

Baca juga: Gempa Susulan di Ambon Terus Terjadi, Warga Gelar Doa Bersama

Dua buah bongkahan batu besar terguling bersama material longsor di Dusun Hanie, Desa Tial., Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Jumat sore (11/10/2019)KOMPAS.com/RAHMAT RAHMAN PATTY Dua buah bongkahan batu besar terguling bersama material longsor di Dusun Hanie, Desa Tial., Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Jumat sore (11/10/2019)
Dia pun mengimbau warga sekitar agar lebih waspada lagi mengingat gempa susulan yang masih terus terjadi dapat berpotensi mengakibatkan longsor.

Selain itu untuk keselamatan warganya, dia meminta agar warga yang tinggal di lereng-lereng gunung agar sebaiknya mencari tempat aman saat hujan dan gempa susulan terjadi.

“Kepada warga yang tinggal di bawah lereng-lereng gunung saya minta, sekali lagi saya minta dapat menghindari tempat-tempat itu untuk sementara waktu dan carilah tempat yang lebih aman,”pintanya.

Selain di Desa Tial, longsor saat gempa susulan pada Kamis kemarin juga terjadi di Desa Morela Kecmaatan Leihitu. 

Baca juga: Hingga Jumat Malam, Gempa Susulan di Ambon Sudah 1.387 Kali, Ini Penjelasan BMKG

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com