KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Jaga Kenyamanan Pengunjung di Kota Lama, Pemkot Semarang Gelar Car Free Night

Kompas.com - 10/10/2019, 19:04 WIB
Anissa DW,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang terus berupaya untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung yang berwisata di Kawasan Wisata Kota Lama Semarang.

Salah satu caranya dengan memberlakukan car free night, yang akan diuji coba pada 11 dan 12 Oktober 2019.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Ketertiban (Daltib) Dishub Kota Semarang Danang Kurniawan, car free night dilakukan agar pengunjung Kota Lama tidak terganggu dengan lalu lalang kendaraan.

Upaya itu pun dilakukan guna menjaga keamanan kondisi infrastruktur dan bangunan dari getaran kendaraan yang melintas.

Baca juga: Walkot Hendi Berencana Terapkan Car Free Zone di Kota Lama Semarang

“Selain itu, untuk mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor di kawasan tersebut,'' terang Danang dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (10/10/2019).

Dia menjelaskan, ruas jalan Cenderawasih dan Jalan Letjen Soeprapto hingga Jembatan Mberok atau Jalan Mpu Tantular akan ditutup bagi kendaraan bermotor mulai pukul 18.00-24.00 WIB. Untuk kendaraan yang hendak menuju Stasiun Tawang masih diperbolehkan melintas.

Untuk itu, Danang mengimbau masyarakat yang hendak berwisata ke Kawasan Kota Lama untuk memarkirkan kendaraannya di sejumlah kantung parkir yang telah disediakan.

“Sejumlah kantung parkir telah disediakan antara lain di Jalan Mpu Tantular, eks kantor PTPN IX Semarang, sebelah utara Dream Museum Zone (DMZ),” papar Danang.

Baca juga: Revitalisasi Kawasan Kota Lama Semarang akan Diperluas

Ada pula kantung parkir di depan Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Surat Izin Mengemudi (SIM) Polrestabes Semarang, Jalan Sendowo dan samping gedung Marabunta.

Peta rekayasa lalu lintas car free night di Kawasan Wisata Kota Lama Semarang, yang berlaku 11-12 Oktober 2019 mulai pukul 18.00-24.00 WIB. Dok. Humas Pemkot Semarang Peta rekayasa lalu lintas car free night di Kawasan Wisata Kota Lama Semarang, yang berlaku 11-12 Oktober 2019 mulai pukul 18.00-24.00 WIB.
Untuk mengantarkan pengunjung dari dan menuju Taman Sri Gunting Pemkot Semarang menyiapkan mobil golf gratis berkapasitas 6-8 orang. Mobil golf itu ditempatkan di eks pool Damri Jalan Mpu Tantular, Jalan Sendowo, dan Kantor Satpas SIM Polrestabes Semarang.

Sementara itu, KBO Satlantas Polrestabes Semarang AKP Supriyanto mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi persiapan pemberlakuan car free night.

Beberapa hal yang dibahas di antaranya, rekayasa lalu lintas yang berlaku di beberapa ruas jalan Kawasan Wisata Kota Lama. Selain itu, jalan yang digunakan car free night akan ditutup dengan traffic barrier, kerucut lalu lintas, serta dipasang rambu-rambu penunjuk arah.

''Pengalihan arus akan dilakukan bagi kendaraan yang hendak menuju Jalan Letjen Suprapto dari Jalan Raden Pattah. Untuk berbelok ke arah kiri menuju Jalan MT Haryono atau Bundaran Bubakan, maupun berbelok ke kanan ke arah Jalan Ronggowarsito,'' ucap Hendi.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com