Perdagangan Liar 85 Ekor Burung Langka di Maluku Utara Digagalkan

Kompas.com - 02/10/2019, 21:05 WIB
Sebanyak 85 ekor burung dilindungi diamankan Balai Gakkum KLH Maluku-Papua dan BKSDA Maluku disejumlah wilayah di Maluku Utara, Rabu (02/10/2019). KOMPAS.COM/YAMIN ABDUL HASANSebanyak 85 ekor burung dilindungi diamankan Balai Gakkum KLH Maluku-Papua dan BKSDA Maluku disejumlah wilayah di Maluku Utara, Rabu (02/10/2019).

TERNATE, KOMPAS.com - Sebanyak 85 ekor burung yang dilindungi berhasil disita dari sejumlah wilayah di Provinsi Maluku Utara.

Satwa tersebut diamankan dalam operasi gabungan penindakan peredaran tumbuhan dan satwa liar yang dilakukan oleh Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Maluku Papua bersama dengan BKSDA Maluku Seksi Konservasi Wilayah I Ternate dan Polairud Polda Maluku Utara pada tanggal 20 sampai dengan 29 September 2019.

Adapun jenis burung dilindungi serta barang bukti yang disita di antaranya:

- Kasturiternate (Loriusgarrulus) 49 ekor

- Kakatua putih (Cacatuaalba) 15 ekor

- Nuribayan (Eclectusroratus) 11ekor

- Nuri kalung ungu (Eossquamata) 10 ekor

- Gantungan burung sebanyak 59 buah dan

- kandang sebanyak 3 buah.

Baca juga: 360 Ekor Burung Kolibri Akan Diselundupkan ke Jakarta

4 pelaku diamankan

Selain burung, petugas juga berhasil mengamankan empat pelaku diantaranya masing-masing berinisial IU (34), AS (29), IS (40) dan RW (58).

“Penangkapan ini berawal dari operasi Intelijen Balai Gakkum Maluku Papua bersama Balai KSDA Maluku Seksi Wilayah I Ternate yang dilakukan dengan cara menyamar sebagai pembeli burung di 4 kabupaten di Provinsi Maluku Utara,” kata Kepala SeksiWilayah II Ambon Balai Gakkum LHK, Yosef Nong melalui keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu (02/10/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X