Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar SMP Ikut Demo, Teriak Revolusi, Tak Paham Artinya

Kompas.com - 27/09/2019, 11:12 WIB
Taufiqurrahman,
Khairina

Tim Redaksi

 

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Ratusan pelajar dari berbagai sekolah di Kabupaten Pamekasan, mengikuti unjuk rasa bersama dengan seribu lebih mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di kabupaten Pamekasan, Jumat (27/9/2019). Unjuk rasa digelar di depan kantor DPRD Pamekasan.

Para pelajar masih lengkap mengenakan seragam masing-masing. Seperti seragam pramuka dan seragam berwarna hijau khas salah satu madrasah negeri di Pamekasan. Mereka tidak hanya berasal dari tingkat SMA sederajat, namun juga ada dari tingkat SMP.

Mereka ikut berjalan kaki bersama dengan para mahasiswa, mulai dari monumen Arek Lancor Pamekasan menuju kantor DPRD Pamekasan. Di jalan, mereka ikut-ikutan teriak kata "revolusi".

Baca juga: Fakta Penurunan Foto Jokowi Saat Demo Mahasiswa di DPRD Sumbar

Selain itu, mereka juga ikut membawa poster yang berisi tulisan dukungan kepada KPK. Seperti poster bertuliskan "Biarkan perasaanku saja yang surut DPRD jangan turut ikut. #RIP KPK."

SY, salah satu pelajar SMP di Pamekasan mengatakan, dirinya bersama puluhan teman-teman lainnya datang ikut aksi unjuk rasa karena diajak teman-temannya dari sekolah lain.

"Tadi saya terlambat masuk sekolah kemudian diajak ikut demo," ujar SY, salah satu siswa yang mengaku sekolahnya di Desa Bettet, Kecamatan Pamekasan.

Baca juga: Presiden Jokowi: Saya Apresiasi Demo Mahasiswa, tapi Jangan Anarkistis

Saat ditanya soal arti kata revolusi, SY mengaku tidak tahu. Dirinya hanya tahu dari teriakan para mahasiswa dan melihat di televisi.

"Tidak tahu apa revolusi itu. Hanya dengar-dengar saja," imbuhnya.

SY dan teman-temannya mengaku tidak takut meskipun akan disanksi oleh gurunya karena ikut demonstrasi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com