Fakta Penurunan Foto Jokowi Saat Demo Mahasiswa di DPRD Sumbar

Kompas.com - 27/09/2019, 06:13 WIB
Ribuan demonstran masuk ke DPRD Sumbar. Mereka dilaporkan bukan hanya merusak gedung, tapi juga menjarah, Rabu (25/9/2019) KOMPAS.COM/PERDANA PUTRARibuan demonstran masuk ke DPRD Sumbar. Mereka dilaporkan bukan hanya merusak gedung, tapi juga menjarah, Rabu (25/9/2019)

KOMPAS.com - Demo mahasiswa di Gedung DPRD Sumatera Barat ( Sumbar) diwarnai aksi penurunan foto Presiden Joko Widodo, Rabu (25/9/2019).

Aksi penurunan foto Jokowi itu dilakukan oleh seorang oknum berinisial TI (19), mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Polisi telah menetapkan TI sebagai tersangka, meskipun sebelumnya TI telah mengaku bersalah dan meminta maaf.


Selain itu, TI diduga melakukan perusakan Gedung DPRD Sumbar dan dijerat dengan Pasal 170 KUHP tentang Perusakan dengan maksimal hukuman 6 tahun 6 bulan.

Seperti diketahui, aksi ribuan mahasiswa tersebut menuntut UU KPK, RKUHP serta sejumlah RUU bermasalah lainnya dibatalkan.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Demo anarkis, foto Presiden Jokowi diturunkan

Tafkirul Ikhlas, mahasiswa yang melakukan penurunan foto Presiden Jokowi saat demo di DPRD Sumbar, Rabu (25/9/2019)Dok: Screenshoot Tafkirul Ikhlas, mahasiswa yang melakukan penurunan foto Presiden Jokowi saat demo di DPRD Sumbar, Rabu (25/9/2019)

Saat demo mahasiswa di gedung DPRD Sumbar berakhir anarkis, seorang mahasiswa, TI (19), nekat menurunkan foto Jokowi.

Polisi membenarkan hal tersebut dan langsung mengamankan pelaku untuk dilakukan pemeriksaan.

"Benar, sudah kita amankan. Saat ini masih diperiksa," kata Dirkrimum Polda Sumbar Kombes Onny Trimurti dalam keterangannya kepada Kompas.com, Kamis (26/9/2019).

Baca juga: Turunkan Foto Jokowi Saat Demo, Mahasiswa Sumbar Ditangkap

2. TI mengakui telah menurunkan foto Jokowi

Mahasiswa Sumbar menduduki ruang sidang DPRD Sumbar dalam aksi demo yang berkahir ricuh, Rabu (25/9/2019)KOMPAS.COM/PERDANA PUTRA Mahasiswa Sumbar menduduki ruang sidang DPRD Sumbar dalam aksi demo yang berkahir ricuh, Rabu (25/9/2019)

Onny mengatakan, pelaku saat diperiksa mengakui perbuatannya menurunkan foto Jokowi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X