Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung Rusak 49 Rumah, Aceh Utara Tetapkan Bencana Daerah

Kompas.com - 07/09/2019, 16:22 WIB
Masriadi ,
Khairina

Tim Redaksi



ACEH UTARA, KOMPAS.com – Sebanyak 43 rumah rusak akibat puting beliung disertai hujan deras di 4 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara.

Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menetapkan bencana itu sebagai bencana daerah selama 20 hari ke depan.

Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf, Sabtu (7/9/2019) menyebutkan, 4 kecamatan yang terkena bencana puting beliung yaitu Kecamatan Lapang, Baktiya Barat, Seunuddon, dan Kecamatan Langkahan.

Baca juga: Puting Beliung Rusak 4 Rumah dan 1 Mushala di Aceh

Rincian rumah rusak yaitu 26 rumah di Kecamatan Seunuddon, 6 rumah di Kecamatan Baktiya Barat, 16 rumah di Kecamatan Lapang, dan satu rumah di Kecamatan Langkahan, Aceh Utara.

“Termasuk balai pengajian di Kecamatan Seunuddon yang rusak. Bencana ini ditetapkan sebagai bencana daerah, seluruh dinas seperti Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana, Dinas Pendidikan Dayah sudah diintruksikan melakukan pendataan secara rinci dampak dari bencana itu,” kata Fauzi yang akrab disapa Sidom Peng.

Dia menyebutkan, bantuan untuk masa panik berupa bahan makanan dan pakaian telah disalurkan untuk seluruh korban bencana alam.

Baca juga: Diterjang Puting Beliung, 60 Rumah dan 11 Kios Toko Rusak Parah

Terkait bantuan lainnya, sambung Fauzi, akan dikoordinasikan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Aceh.

“Terpenting sekarang ini bantuan masa panik dulu. Selebihnya kita terus pikirkan apa yang terbaik seperti rehab rumah dan lain sebagainya,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan puting beliung merusak sejumlah rumah di Aceh Utara. Sebagian korban yang rumahnya rusak mengungsi ke rumah keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com