Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Peringatkan Potensi Puting Beliung di Aceh

Kompas.com - 11/07/2019, 12:35 WIB
Masriadi ,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda mengeluarkan peringatan dini tentang potensi terjadinya angin puting beliung di sejumlah daerah di Aceh.

Daerah yang berpotensi dilanda angin puting beliung yaitu, Kabupaten Aceh Utara, Bener Meriah, Pidie, Aceh Tengah, Pidie Jaya, Bireun dan Kota Lhokseumawe.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria menyebutkan, potensi puting beliung diprediksi sampai tiga hari ke depan.

“Hasil analisa dan kami lihat juga dari arah belokan arah anginnya, maka sampai tiga hari ke depan masih berpotensi terjadinya angin puting beliung yang disebabkan karena banyak terjadi pertumbuhan awan cumulonimbus,” ujar Zakaria saat dihubungi, Kamis (11/7/2019).

Baca juga: Diterjang Puting Beliung, Satu Sekolah dan Lima Rumah Warga di Sumbar Rusak

Zakaria mengatakan, kondisi itu termasuk dalam kategori cuaca buruk. Selain bisa merusak bangunan masyarakat, angin kencang tersebut juga telah menyebabkan terjadinya gangguan penerbangan.

“Kita imbau kondisi ini direspon masyarakat dengan sikap waspada. Jika terjadi angin kencang segera berlindung ke lokasi yang aman,” kata Zakaria.


Baca juga: 18 Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung di Aceh Utara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com