Ditemukan, Puluhan Batu Kuno Terpendam di Dataran Tinggi Dieng

Kompas.com - 07/09/2019, 14:10 WIB
Batu kuno ditemukan terpendam di area terminal Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (7/9/2019). KOMPAS.COM/DOK ARYADI DARWANTOBatu kuno ditemukan terpendam di area terminal Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (7/9/2019).

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Puluhan bebatuan kuno dilaporkan ditemukan terpendam di kawasan dataran tinggi Dieng, tepatnya di area Terminal Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (7/9/2019).

Aryadi Darwanto, pemerhati benda purbakala di wilayah tersebut mengatakan bebatuan tersebut pertama kali ditemukan saat pengerjaan proyek revitalisasi Terminal Dieng Wetan.

"Sebenarnya ini Terminal Dieng Wetan mau direvitalisasi, dibangun lagi. Proyek pembangunan sudah dimulai sekitar semingguan, tadi waktu pengerukan untuk pondasi ditemukan banyak batu," kata Aryadi saat dihubungi, Sabtu.

Baca juga: Mengintip Telaga Warna Dieng yang Airnya Kerap Berubah Warna

Menurut Aryadi, bebatuan tersebut ditemukan terpendam di area sisi utara terminal dengan luas sekitar 1X20 meter.

"Sementara ini penggalian di sisi utara dihentikan. Di lokasi itu masih terlihat struktur lama," ujar Aryadi.

Lebih lanjut, Aryadi mengatakan ukuran batu-batuan yang ditemukan bervariasi, yang terbesar memiliki ukuran sekitar 15X50 sentimeter dengan ketebalan sekitar 30 sentimeter.

Batu tersebut diduga merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno.

"Pada pemerintahan Belanda sekitar tahun 1800-an menjadikan area ini sebagai pesanggrahan, digunakan untuk mengumpulkan arca-arca yang ditemukan di area Dieng. Pada masa itu, arca-arca dijual sebagai souvenir wisatawan," jelas Aryadi.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X