Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Daop III Cirebon Resmikan Nama Baru Kereta Api "GoCher”

Kompas.com - 16/08/2019, 11:24 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Farid Assifa

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com – PT Kereta Api Daerah Operasional (Daop) III Cirebon, Jawa Barat, menggoperasikan kereta dengan nama baru KA Argo Cheribon yang disingkat “GoCher”, Jumat siang (16/8/2019).

Nama baru ini menggantikan tiga kereta sebelumnya, yakni KA Argo Jati, KA Cirebon Ekspres, dan KA Tegal Bahari.

Prosesi penggantian nama KA Gocher ini dilakukan dengan cara pemberian kue kepada seluruh penumpang perdana GoCher yang berangkat dari Cirebon menuju Jakarta jam 07.25 WIB. Jumlah kue yang dibagikan sebanyak 2019 buah sesuai dengan jumlah tahun ini.

Baca juga: Peringati HUT RI, PT KAI Sediakan 10.788 Kursi Kereta Api Gratis

Tak hanya pemberian kue, petugas juga memberikan kenang-kenangan berupa kaos berlogo PT Kereta Api dan nama KA GoCher. Kaos ini diberikan kepada sejumlah penumpang yang berada di beberapa rangkaian kereta.

Kuswardojo, Manajer Humas PT KAI Daop III Cirebon menyampaikan, penggantian nama ini merupakan upaya memaksimalkan pelayanan PT Kereta Api kepada para pelanggan. Ini juga menjawab permintaan para penumpang yang meminta jumlah kapasitas tempat duduk terus ditambahkan.

“Dengan penggabungan tiga nama kereta menjadi satu, jumlah tempat duduk pun berubah dari yang semula 7.200 menjadi 7.980 tempat duduk dalam satu hari. Penambahan ini sesuai masukan dari para pengguna jasa. Ada pun jumlah jadwal keberangkatan tetap sama seperti sebelumnya,” kata Kuswardojo.

Baca juga: Peringati HUT RI, Tiket Kereta Api Lokal Digratiskan, Begini Caranya

Kuswardojo menyebut, jadwal keberangkatan KA GoCher sebanyak 16 buah perjalanan. Pembagiannya, 8 perjalanan kereta dari Cirebon menuju Jakarta, dan 8 perjalanan lainnya sebaliknya, dari Jakarta menuju Cirebon.

“Tidak banyak berubah kecuali yang jadwal 05.25 WIB dari Cirebon menuju Jakarta yang sebelumnya regular kini menjadi fakultatif, dan jadwal jam 16.45 WIB dari Jakarta menuju Cirebon yang sebelumnya fakultatif menjadi regular. Selain kedua jam pemberangkatan itu, ke 16 jadwal lainnya masih tetap seperti jadwal pada tiga kereta sebelumnya,” jelas Kus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com