Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati HUT RI, Tiket Kereta Api Lokal Digratiskan, Begini Caranya

Kompas.com - 15/08/2019, 09:27 WIB
Reni Susanti,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Untuk memeringati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggratiskan kereta lokal.

“Masyarakat dapat menikmati perjalanan tanpa biaya dengan kereta tersebut untuk perjalanan 17 Agustus 2019,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Bandung, Kamis (15/8/2019).

Untuk wilayah Daerah Operasi 2 Bandung, terdapat 5 kereta yang digratiskan. Yakni pertama Cibatuan jurusan Purwakarta-Cibatu (PP).

Kedua, Bandung Raya Ekonomi jurusan Kiaracondong-Cicalengka, Cicalengka-Padalarang (PP), Bandung-Cicalengka, Padalarang-Cibatu (PP), Purwakarta-Cicalengka (PP), Padalarang-Bandung (PP) dan Padalarang-Kiaracondong.

Baca juga: Pada 17 Agustus, PT KAI Gratiskan Tiket Perjalanan Kereta Api Lokal

Ketiga, KA Siliwangi jurusan Ciranjang-Cianjur-Sukabumi (PP). Keempat KA Cilamaya/Cepat Purwakarta jurusan Purwakarta-Tanjung Priok (PP).

Kelima, KA Walahar Ekspres/Ekonomi Lokal jurusan Tanjung Priok-Purwakarta.

Edi menjelaskan, meski gratis, masyarakat tetap harus memiliki tiket dengan nominal Rp 0 yang bisa didapatkan di loket stasiun keberangkatan secara go-show, mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Ada pun kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api.

Sementara untuk penumpang yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, mereka bisa mengambil bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal 3 hari sejak kedatangan KA.

Baca juga: Lewat Tur Sejarah Jalur Kereta Api, Jabar Ingin Gaet Turis Eropa

Syaratnya, penumpang harus menunjukkan tiket/boarding pass/e-boarding pass ke petugas di stasiun.

“Kami harap masyarakat dapat memanfaatkan semaksimal mungkin promo Rp 0 ini dan menjadikan kereta api sebagai moda transportasi andalan bagi masyarakat,” pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com