Polri Buru Anggota KKB Papua Terkait Gugurnya Briptu Hedar

Kompas.com - 14/08/2019, 14:20 WIB
Kepala Divisi Humas Polri Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, di kampus Unpad Jatinangor, Sumedang, Rabu (14/8/2019). AAM AMINULLAH/KOMPAS.com KOMPAS.COM/AAM AMINULLAHKepala Divisi Humas Polri Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, di kampus Unpad Jatinangor, Sumedang, Rabu (14/8/2019). AAM AMINULLAH/KOMPAS.com

SUMEDANG, KOMPAS.com - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal memastikan bahwa polisi sedang mengejar kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Provinsi Papua.

Pengejaran ini terkait Briptu Hedar, polisi yang ditemukan gugur usai disandera oleh KKB di Kampung Usir, Kabupaten Puncak, Papua, Senin (12/8/2019), kemarin.

Iqbal mengatakan, Polri saat ini masih memburu pelaku yang diduga kuat merupakan bagian dari KKB.

"Oh iya pasti, Polri kejar kelompok KKB, karena itu adalah perbuatan melawan hukum dan telah menghilangkan nyawa seseorang," ujar Iqbal di Bale Sawala, Rektorat Kampus Unpad Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Rabu (14/8/2019).


Iqbal menuturkan, pelaku pembunuh Briptu Hedar diduga dari satu kelompok yang sama. Polri memastikan akan terus memburu ke mana pun KKB lari.

"Kita akan tangkap ke mana pun mereka lari. Diduga kelompok yang sama. Tapi, saat ini sedang diproses apakah kelompok yang sama atau ada kelompok yang lain," kata Iqbal.

Sebelumnya, Brigadir (Pol) Anumerta Hedar gugur ketika sedang menyelidiki sejumlah perbuatan melawan hukum yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata ( KKB) terhadap masyarakat di Kampung Usir, Kabupaten Puncak, Papua.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menjelaskan, awalnya Hedar mendapatkan informasi mengenai dugaan intimidasi dan tindak pidana lainnya yang dilakukan KKB terhadap masyarakat di Kampung Usir.

Ketika tiba di kampung tersebut, ia pun hendak bertemu dengan rekannya, Brigadir (Pol) Kepala Alfonso Wakum untuk menggali informasi.

Saat itu, Hedar disergap oleh sekelompok orang yang diduga sebagai KKB.

Sekelompok orang tersebut menyeret Hedar ke sebuah tempat.

Hedar sempat berupaya melarikan diri dengan meronta-ronta. Salah seorang dari kelompok itu kemudian melepaskan tembakan ke arah tubuh Hedar.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X