KILAS DAERAH

Pemprov Jabar Ajak Milenial Lestarikan Seni Budaya Lokal

Kompas.com - 02/08/2019, 21:30 WIB
Pagelaran opera Ciung Wanara diselenggarakan di Taman Budaya Jawa Barat, Kota Bandung, Rabu (31/7/2019). Dok. Humas Pemprov JabarPagelaran opera Ciung Wanara diselenggarakan di Taman Budaya Jawa Barat, Kota Bandung, Rabu (31/7/2019).

KOMPAS.com - Puluhan pelajar Sekolah Dasar (SD) hingga mahasiswa Jawa Barat (Jabar) menjadi penari dalam pagelaran opera “Ciung Wanara” yang berlangsung, Rabu (31/7/2019) lalu.

Pertunjukan yang diselenggarakan di teater tertutup Taman Budaya Jawa Barat (TBJB), Kota Bandung itu melibatkan 82 orang generasi muda.

Seniman besar Jawa Barat, Bambang Arayana Sambas, menyutradarai pagelaran yang diinisiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar.

Keterlibatan orang muda dalam kegiatan seni memang sejalan dengan keinginan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) untuk mengenalkan generasi milenial pada seni tradisional.

Baca juga: Pemprov Jabar Akan Bangun 4 Pusat Kebudayaan

Strategi itu memang sengaja dipilih Pemprov Jabar untuk menumbuhkan minat generasi milenial untuk melestarikan budaya lokal.

"Satu sisi (seni) pertunjukan jadi agenda pariwisata, tapi di sisi lain menjadi sarana edukasi untuk kaum milenial. Karena kita melibatkan mereka secara langsung baik sebagai pementas tapi juga penonton," kata Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik, dalam pernyataan tertulis, Jumat (2/8/2019).

Majukan pariwisata

Ia menjelaskan, pelestarian budaya sangat berkaitan erat dengan kemajuan pariwisata di Jabar.

Pasalnya, Jabar tidak hanya dikenal dengan alamnya yang asri, melainkan juga wisata budaya yang unik. Sebut saja, tari jaipong hingga wayang golek yang sudah mendunia.

Pemprov Jabar memiliki teater tertutup Taman Budaya yang dapat dimanfaatkan para pelaku seni dan budaya sebagai ruang ekspresi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X