Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Negara Ramaikan International Folk and Art Festival di Polewali Mandar

Kompas.com - 02/08/2019, 17:07 WIB
Junaedi,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Sebanyak enam negara yang menjadi duta kebudayaan dari negaranya masing-masing, tampil dalam ajang International Folk and Art Festival di Stadion HS Mengga, Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Masing-masing negara yang hadir yakni, Ekuador, Ceko, Timor Leste, Slovakia, Korea Selatan dan India.

Dalam kegiatan yang digelar selama sepekan ini, berbagai kegiatan pementasan seni dan budaya ditampilkan dari 6 negara peserta, termasuk ajang pameran produksi pertanian unggulan dari 16 Kecamatan di Polewali Mandar.

Kepala Dinas Pariwisata Polewali Mandar, Andi Masri Masdar mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menggairahkan industri pariwisata Polewali Mandar, guna meningkatkan kunjungan wisata ke daerah tersebut.

“Event kali ini dikemas lebih berbeda, agar memberi nuansa hiburan dan wisata yang lebih menarik,” ujar Andi, Jumat (2/8/2019).

Enam Negara Tampil di Ajang Event Pifaf Internasional di Polewali MandarJUNAEDI Enam Negara Tampil di Ajang Event Pifaf Internasional di Polewali Mandar
Sebelum pertujukan seni kolosal, delegasi peserta dari enam negara menggelar karnaval kebudayaan sambil berkeliling Kota Polewali Mandar. Karnaval dimulai dari Kantor Bupati Polewali Mandar dan berakhir di stadion.

Setiap peserta mengenakan kostum atau pakaian tradisonal kebanggaan negara masing-masing. Ajang ini sendiri menjadi tontonan warga di sepanjang rute yang dilalui peserta karnaval.

Selain menampilkan seni budaya dari enam negara tersebut, kegiatan ini juga menampilkan seni budaya lokal dari Indonesia. Beberapa di antaranya Reog Ponorogo, Kuda Lumping, Saiyyang Pattudduq dari Sulawesi Barat dan berbagai seni budaya nusantara lainnya.

Kegiatan ini merupakan yang keempat kalinya digelar dan telah termasuk dalam daftar 100 kalender kegiatan Kementerian Pariwisata. Kegiatan ini akan berlangsung hingga 7 Agustus 2019 mendatang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com