66 Penerbangan Domestik Luar Jawa dari Adisutjipto Pindah ke YIA Per Oktober

Kompas.com - 01/08/2019, 16:50 WIB
Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo, Selasa (7/5/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAYogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo, Selasa (7/5/2019).

KULON PROGO, KOMPAS.com — PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I akan memindahkan semua penerbangan domestik dengan rute ke luar Jawa dari Bandara Adisutjipto ke Bandara Kulon Progo atau Yogyakarta International Airport ( YIA). 

Pemindahan tersebut akan dilakukan per Oktober 2019. Terdapat 66 penerbangan domestik yang akan dipindahkan ke YIA yang berada di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurut General Manager YIA dari AP I Agus Pandu Purnama, penerbangan domestik di dalam Pulau Jawa akan tetap via Adisutjipto.

“Kami akan memindahkan semua rute luar Jawa, dari Medan, Bali, ada juga Pontianak, hingga Makassar,” kata Agus Pandu Purnama, Kamis (1/8/2019).

Menurut dia, pemindahan ini juga seiring pembangunan Bandara YIA yang semakin mendekati tahap selesai.

AP I berulang kali menegaskan progres pembangunan bandara akan 100 persen pada akhir tahun ini. Menyusul kemudian YIA beroperasi secara penuh.

Pemindahan bertahap dari Adisutjipto

Menyambut full operation bandara, AP I juga mendorong maskapai mulai menyiapkan diri untuk pindah secara bertahap ke YIA.

AP I merencanakan pemindahan berlangsung pada waktu sekitar peralihan musim tahun ini, antara Oktober dan Desember.

“Kira-kira di masa peralihan musim dari summer ke winter,” kata Pandu.

Kepindahan itu juga bakal berpengaruh pada jam operasional kedua bandara.

Pandu mengungkapkan, Bandara Adisutjipto semula beroperasi pada pukul 05.00-24.00 WIB setiap hari.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X