Khawatir Tsunami Pasca-gempa Maluku, Warga Mengungsi ke Pegunungan

Kompas.com - 14/07/2019, 18:29 WIB
Gempa bumi magnitudo 7,2 di Halmahera membuat Warga Kota Ternate, Maluku Utara lari berhamburan keluar, Minggu (14/07/2019)YAMIN ABDUL HASAN Gempa bumi magnitudo 7,2 di Halmahera membuat Warga Kota Ternate, Maluku Utara lari berhamburan keluar, Minggu (14/07/2019)

AMBON, KOMPAS.com - Warga Kota Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara mengungsi ke dataran tinggi setelah gempa bermagnitudo 7,2 mengguncang wilayah tersebut, Minggu (14/7/2019) sekira pukul 18.10 WIT.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Utara Ali Yau yang dikonfirmasi Kompas.com dari Ambon  membenarkan jika banyak warga di pesisir pantai di wilayah Labuha memilih mengungsi setelah gempa tersebut.

“Warga sudah mengungsi ke pegunungan dan dataran tinggi,” kata Ali, Minggu.

Baca juga: Gempa di Maluku Utara Dirasakan di Ambon dan Sebagian Maluku


Ali menjelaskan, air laut di wilayah tersebut sempat mengalami pasang surut saat gempa tersebut terjadi.

Hal itu menyebabkan warga khawatir terjadi tsunami kemudian memilih meninggalkan rumah-rumah mereka untuk mengungsi ke lokasi aman.

“Iya ada air laut surut dan setelah itu kembali naik  setelah gempa terjadi,” ujarnya.

Baca juga: Gempa Magnitudo 7,2 Guncang Maluku, Terasa Sampai Manado

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Ali mengatakan pihaknya belum mendapatkan informasi detail mengenai dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Azis salah satu warga Labuha yang dikonfirmasi secara terpisah mengatakan, warga memilih mengungsi ke lokasi aman karena takut terjadi tsunami.

"Tadi air laut tiba-tiba turun setelah itu air laut naik lagi jadi kita takut dan mengungsi,” katanya.

Gempa yang dirasakan getarannya hingga ke sejumlah wilayah di Maluku ini berada pada titik koordinat 0.59 Lintang Selatan dan 128.06 Bujur Barat atau berjarak 62 km Timur Laut Labuha, Maluku Utara.

Gempa tersebut berada pada kedalaman 10 mk di bawah permukaan laut. 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X