Gempa di Maluku Utara Dirasakan di Ambon dan Sebagian Maluku

Kompas.com - 14/07/2019, 18:10 WIB
Ilustrasi Gempa Bumi

KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOIlustrasi Gempa Bumi

AMBON, KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan 7.2 magnitudo yang mengguncang wilayah Labuha, Provinsi Maluku Utara turut dirasakan getarannya hingga Kota Ambon dan sebagian wilayah Maluku, Minggu (14/7/2019).

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Statsiun Pattimura Ambon, getaran gempa yang terjadi pada pukul 18.10 WIT itu terasa di Kota Ambin dengan skala II-III MMI.

Selain di Kota Ambon, sejumlah wilayah lain di Maluku yang juga ikut merasakan getaran gempa tersebut yakni di Pulau Seram dan Pulau Buru dengan skala I-II MMI.

“Getaran gempa turut dirasakan di Ambon II-II MMI, Namlea I-II MMI,” kata Kepala BMKG Stasiun Ambon Sunardi, Minggu.


Sejumlah warga di Ambon mengaku merasakan getaran gempa yang mengguncang Maluku Utara itu. 

“Tadi gempa paling besar dan cukup lama juga getarannya, tahu-tahunya itu di Maluku Utara,” kata Herman salah satu warga Ambon kepada Kompas.com.

Baca juga: Gempa Magnitudo 7,2 Guncang Halmahera, Warga Kota Ternate Berhamburan

Warga di Namlea, Kabupaten Buru yang ikut merasakan getaran gempa tersebut juga menyampaikan apa yang dirasakan dengan menuliskannya media sosial.

“Gempa paleng (paling) basar (besar) ee, semoga kita semua dilindungi,” tulis Marwan dalam akun Facebooknya

Dari data ynag diterima, episentrum gempa tersebut berada pada titik koordinat 0.59 Lintang Selatan dan 128.06 Bujur Barat atau berjarak 62 km Timur Laut Labuha, Maluku Utara  Adapun gempa tersebut berada pada kedalaman 10 mk dibawa permukaan laut. 



Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X