Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disdik Padang Buka Kembali Pendaftaran PPDB untuk Bangku Kosong SMP

Kompas.com - 10/07/2019, 20:14 WIB
Perdana Putra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

 

PADANG, KOMPAS.com - Polemik bangku kosong Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP di Kota Padang, Sumatera Barat, menemui titik terang. 

Dinas Pendidikan Kota Padang akhirnya mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada sekolah-sekolah untuk membuka pendaftaran PPDB di sekolah dengan kuota sesuai dengan bangku kosong yang ada. 

"Kami baru selesai rapat. Akhirnya kami buka pendaftaran secara transparan dan terbuka di sekolah-sekolah untuk mengisi bangku kosong itu," kata Kepala Dinas Pendidikan Padang, Barlius, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (10/7/2019). 

Baca juga: Awasi Pengisian Bangku Kosong PPDB di Padang, Ombudsman Libatkan Saber Pungli

Barlius menyebutkan, pendaftaran dibuka hanya setengah hari dari jam 08.00-12.00 WIB di sekolah Kamis (11/7/2019) besok.

Pada pukul 13.00 WIB hari itu juga langsung diumumkan dan pada Jumat (12/7/2019) dilaksanakan pendaftaran ulang. 

Untuk syaratnya, lanjut Barlius, yakni peserta yang tidak diterima ditahap II dengan membawa tanda pendaftaran tahap II tersebut. 

Pendaftaran dilaksanakan di sekolah dengan mengutamakan peserta dari dalam zonasi, kecuali tidak ada peserta dari dalam zonasi baru boleh menerima peserta luar zonasi. 

Baca juga: Ombudsman Temukan 228 Bangku Kosong Usai PPDB SMP di Padang

"Penentuan lulusnya berdasarkan rangking tertinggi. Jika ada nilai sama, maka akan ditentukan berdasarkan jarak paling dekat dengan sekolah," kata dia. 

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan, ada 275 bangku kosong di SMP di Kota Padang. 

Paling banyak ada di SMP 36 dengan jumlah 64 bangku, SMP 19 ada 63 bangku kosong, SMP 32 ada 39, SMP 37 ada 21, SMP 43 ada 9 bangku. 

Dari 43 SMP yang ada di Kota Padang, 14 sekolah sudah terpenuhi kuotanya sedangkan sisanya masih ada bangku yang kosong. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com