Gali Parit di Kebun Pisang, Pria ini Temukan Batu Karang yang Diduga Makam Kuno

Kompas.com - 09/07/2019, 11:42 WIB
Warga Desa Kumpulrejo, Patebon, Kendal digegerkan dengan penemuan makam kuno di sebuah kebun pisang di desanya 
Tribunnews Warga Desa Kumpulrejo, Patebon, Kendal digegerkan dengan penemuan makam kuno di sebuah kebun pisang di desanya

KENDAL, KOMPAS.com – Sebuah makam kuno  ditemukan terpendam tanah sedalam satu meter di Desa Kumpulrejo, Patebon, Kendal, Jawa Tengah.

Makam kuno tersebut berada di areal kebun pisang dan ditemukan pertama kali oleh Catur (59) saat menggali parit pada Sabtu (29/6/2019).

Namun, alat penggalinya mengenai bagian dari makam tersebut

"Saya gali ternyata berbentuk makam. Kemudian saya panggil para warga untuk membantu menggali," katanya kepada Tribunjateng.com, Senin (8/7/2019).


Baca juga: Ratusan Makam Kuno dan Keramik Ditemukan di Aceh, Diduga Peninggalan Kerajaan Lamuri

Diduga makam yang terbuat dari batu karang itu telah berusia ratusan tahun dan tidak ditemukan sama sekali tulisan yang menerangkan informasi terkait penghuni makam tersebut.

Hanya dua garis tegak yang berada di salah satu nisan makam tersebut.

Sejak ditemukan , makam tersebut selalu dikunjungi oleh warga sekitar.

Catur menjelaskan selama ini warga sekitar tidak ada yang mengetahui bahwa di kebun tersebut terdapat sebuah makam.

Menurutnya, kebun pisang itu sebelumnya hanya lahan biasa yang kemudian ia tanami pisang.

"Saat ditemukan makam dalam kondisi utuh rapi beserta kijingnya. Saya tidak tahu makam siapa. Para warga di sini pun juga tidak ada yang tahu," katanya.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X