Warga Pulau Buru Tangkap dan Bunuh Seekor Buaya di Muara Sungai

Kompas.com - 05/07/2019, 19:38 WIB
Warga Desa Kayeli, Kabupaten Buru, Maluku menangkap seekor buaya di muara sungai desa tersebut, Kamis (4/7/2019)/ Foto dok Anwar Amarduan RAHMAT RAHMAN PATTYWarga Desa Kayeli, Kabupaten Buru, Maluku menangkap seekor buaya di muara sungai desa tersebut, Kamis (4/7/2019)/ Foto dok Anwar Amarduan

AMBON, KOMPAS.com - Seekor buaya muara tewas dibunuh setelah ditangkap warga di Desa Kayeli, Kabupaten Buru, Maluku.

Hewan reptil itu ditangkap warga saat berada di muara Sungai Kayeli di desa tersebut Kamis (4/7/2019) sore.

Yono Wael, salah satu warga Desa Kayeli yang ikut menangkap buaya tersebut mengatakan, kemunculan buaya tersebut awalnya dilihat oleh seorang warga bernama Yani saat sedang membawa longboat menyusuri pesisir pantai desa tersebut.


Baca juga: Buaya Kerap Muncul di Sungai Kahuripan Pekalongan, Warga Resah

Pengemudi longboat itu kemudian melaporkan kepada warga lainnya, dan setelah itulah warga langsung mendatangi muara sungai untuk menangkap buaya tersebut.

“Kebetulan Yani ini bapaknya meninggal setahun lalu karena dimangsa buaya juga, jadi saat melihat buaya itu dia langsung memberitahukan warga dan dia juga ikut menangkap buaya itu,” kata Yono, kepada Kompas.com, saat dihubungi dari Ambon, Jumat malam.

Dia mengatakan, setelah berhasil ditangkap, warga kemudian menusuk buaya tersebut dengan tombak hingga tewas. Setelah itu, buaya itu lalu dibawa ke perkampungan.

Yono menyebut, warga terpaksa membunuh buaya tersebut karena setahun lalu ada warga setempat yang tewas karena dimangsa buaya.

“Kalau tidak dibunuh takutnya buaya itu akan memakan warga lain, karena setahun lalu ada warga yang meninggal karena dimakan buaya,” ujar dia.

Warga lainnya, Anwar Amarduan mengatakan, buaya yang ditangkap itu berukuran panjang 3 meter.

Setelah ditangkap dan dibunuh, buaya itu kemudian dimakamkan di pesisir pantai desa tersebut.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X