Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Hari Dicari, Buaya yang Diduga Terkam Warga Aceh Jaya Akhirnya Ditangkap

Kompas.com - 01/07/2019, 12:25 WIB
Raja Umar,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com -  Tim dari Balai Konservasi Sumberdaya Daya Alam (BKSDA) Aceh berhasil menangkap satu ekor buaya di aliran sungai Krueng Rigaih, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya.

Buaya tersebut masuk ke perangkap yang dipasang tim pada Minggu (30/6/2019). Sementara saat ini, Senin (1/7/2019) sedang dilakukan upaya penarikan buaya tersebut ke darat. 

Penangkapan itu dilakukan setelah satu orang warga Gampong Baro diterkam buaya saat mencari ikan di sungai, yang mengakibatkan warga sekitar menjadi resah.

Data yang ada menyebutkan, ada dua kasus buaya terkam warga di wilayah itu dalam beberapa tahun terakhir. 

Baca juga: Warga Aceh Jaya Diterkam Buaya saat Cari Ikan di Sungai

Hal itu disampaikan Sapto Aji, Kepala BKSDA Aceh, saat dihubungi Kompas.com, Senin (01/07/2019). 

"Mudah-mudahan yang ditangkap itu benar buaya buas yang menerkam warga beberapa hari lalu.  Di aliran sungai itu diperkirakan ada beberapa ekor buaya, namun menurut warga ada satu ekor yang sangat buas,” kata Sapto.

Setelah berhasil diperangkap, buaya itu selanjutnya akan diamankan sementara ke kantor BKSDA Banda Aceh, setelah itu akan ditawarkan untuk dititipkan ke lembaga konservasi yang ada di Aceh maupun di Sumatera Utara karena biaya pakan dan perawatannya sangat besar.

Butuh 9 hari

Satirin, tim BKSDA yang ikut memasang alat perangkap buaya di aliran sungai Krueng Rigaih, menyebutkan buaya tersebut berhasil masuk ke dalam perangkap setelah sembilan hari mereka memasang perangkap.

Untuk proses penarikan ke darat, dengan menggunakan perahu boat nelayan setempat. "Medannya agak sulit sehingga harus ditarik dengan menggunakan boat nelayan," katanya.

Menurut Satirin, buaya yang masuk perangkap tersebut diperkirakan berukuran sekitar empat hingga lima meter. 

Baca juga: Kisah Nelayan Selamatkan Diri dari Terkaman Buaya, Perciki Air hingga Panjat Pohon

Dia belum dapat memastikan apakah buaya tersebut yang menerkam warga beberapa hari lalu hingga mengalami luka robek di tangan. 

Sebelumnya diberitakan, Seorang warga Gampong Baro, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh, diterkam buaya di aliran Sungai Krueng Rigaih yang tak jauh dari rumahnya, Rabu (19/06/2019) sekitar Pukul 19.30 WIB.

"Informasi dari masyarakat sebelum kejadian korban pergi ke sungai yang tak jauh dari rumahnya untuk mencari ikan," kata Mahdi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Jaya, saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (20/6/2019).

Buaya yang menerkam warga tersebut diperkirakan memiliki panjang 6 meter. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com