Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Napi Pesta Sabu di Rutan Labuhan Deli

Kompas.com - 05/07/2019, 17:26 WIB
Dewantoro,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Tiga narapidana di Rumah Tahanan Klas II B Labuhan Deli, Medan, Sumatera Utara, nekat menggunakan sel tahanan untuk berpesta sabu pada Kamis (4/7/2019) siang. Ketiganya tertangkap basah oleh sipir penjara dan kini dibawa ke kantor polisi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Ketiga narapidana tersebut yakni, Dermawan alias Iwan, Ibrahim alias Baim dan Boni Sihombing. Saat itu, ketiganya sedang  mengonsumsi narkotika jenis sabu.

Kepala Rutan Labuhan Deli, Nimrot Sihotang mengatakan, penangkapan berawal dari informasi tentang aktifitas narkotika di Blok A.

Dalam penggeledahan tersebut ditemukan 3 ponsel, 1 baterai ponsel, 4 sendok besi, plastik-plastik kecil, dan 2 paket berisi serbuk kristal yang diduga sabu. Selain itu, ditemukan juga timbangan elektronik .

"Kita kemudian melapor ke Polsek Labuhan, lalu ketiga orang tersebut dibawa. Dari pengakuan mereka, narkoba diperoleh pada saat di ruang sel pengadilan," kata Nimrot kepada Kompas.com ketika dihubungi, Jumat (5/7/2019).

Baca juga: Aksi Nekat Pemilik Sabu, Izin Buang Air hingga Tertabrak Truk di Tol

Nimrot mengatakan, kondisi rutan yang sudah melebihi kapasitas dinilai menjadi celah bagi para narapidana untuk mengonsumsi narkoba. Diduga petugas kurang teliti dalam melaksanakan penggeledahan karena jumlah narapidana yang terlalu banyak.

"Saat ini 70 persen penghuni rutan adalah orang yang bermasalah dengan narkoba," kata Nimrot.

Kepala Unit Reserse kriminal Polsek Medan Labuhan Iptu Bonar H Pohan mengatakan, saat ini ketiga tersangka tersebut tengah menjalani pemeriksaan. Polisi menduga ada keterlibatan pihak lain dalam kasus tersebut.

Baca juga: 10 Kilogram Sabu Disembunyikan dalam Galon Cat Menuju Surabaya

"Kami akan melakukan pengembangan. Ada kemungkinan bukan hanya mereka yang bermain dalam rutan. Kasus ini juga akan kami kembangkan untuk mencari pemasok barang haram itu dari luar rutan," kata Bonar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com