Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tahun Lagi, Menteri Sofyan Janjikan Semua Lahan di Gresik Bersertifikat

Kompas.com - 20/06/2019, 13:54 WIB
Hamzah Arfah,
Rachmawati

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Selain menghadiri acara silaturahmi di Surabaya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga membagikan sertifikat tanah kepada masyarakat di GOR Tri Dharma PT Petrokimia Gresik.

Ada sekitar 3.200 sertifikat tanah yang diserahkan secara simbolis oleh Presiden Jokowi, Kamis (20/6/2019).

Selain dihadiri Presiden Jokowi, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Kepala BPN Gresik Asep Heri, dan beberapa pejabat lain.

Baca juga: Jokowi Diagendakan Bagikan 3.200 Sertifikat Tanah di Gresik

"Dari data yang kami terima hingga saat ini, ada sebanyak 400 ribu lahan di Gresik yang belum bersertifikat," ujar Sofyan Djalil di hadapan warga yang memadati GOR Tri Dharma.

Ia lantas menjelaskan manfaat yang diperoleh jika tanah sudah bersertifikat dan meminta agar warga segera mengurus sertifikat tanah karena prosesnya cukup mudah.

"Untuk tahun ini di Gresik, datanya ada sebanyak 54 ribu lahan yang sudah disertifikatkan. Sementara untul tahun depan berapa pak bupati?" tanya Menteri Sofyan kepada Bupati Gresik yang berdiri di sampingnya.

"Tahun depan kami rencanakan sebanyak 110 ribu lahan pak," sahut Bupati Gresik, Sambari.

Baca juga: 7 Fakta Kunjungan Jokowi di Bali, Bicara Rekonsiliasi hingga Bagi 3.000 Sertifikat Tanah

"Mudah-mudahan tahun depannya lagi bisa 150 ribu ya pak bupati, sehingga empat tahun kedepan semua lahan di Gresik semua sudah bersertifikat," kata Sofyan Djalil disambut tepuk tanga warga di GOR Tri Dharma.

Sebelumnya, Kepala BPN Gresik Asep Heri mengatakan, ribuan sertifikat yang dibagikan adalah untuk warga di lima kecamatan yang meliputi 18 desa, yakni, Kecamatan Bungah, Ujungpangkah, Panceng, Wringinanom, dan Duduksampeyan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com