Monumen Korban KM Sinar Bangun Jadi Rumah Kedua Bagi Keluarga yang Ditinggalkan

Kompas.com - 18/06/2019, 22:58 WIB
Hermanto dan isteri di monumen kapal tenggelam di Desa Tigaras, Simalungun . Antara Sumut/WaristoHermanto dan isteri di monumen kapal tenggelam di Desa Tigaras, Simalungun .

KOMPAS.com - Orangtua yang anaknya menjadi korban kapal tenggelam KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba di kawasan Tigaras, Kabupaten Simalungun, menganggap lokasi monumen itu sebagai rumah kedua mereka.

"Ini sudah menjadi rumah ke dua saya," kata Sarmila (43), warga Nagori Bandar Sakti, Kecamatan Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun, Selasa (18/6/2019).

Baca juga: Isak Tangis Iringi Peringatan Setahun Tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba

Ibu lima anak itu bersama suaminya, Hermanto (46) berulangkali ke Tigaras hanya untuk melepas kerinduan kepada Erwansyah (20), anak mereka yang dinyatakan hilang pada peristiwa yang terjadi 18 Juni 2018.


Pasangan suami istri tidak kenal waktu untuk ke tempat kejadian bila rindu atau anak sulungnya "hadir" dalam mimpi.

"Ya memanjatkan doa, raupan (membasuh muka) pakai air Danau Toba, setelah itu pulang," kata Hermanto.

Baca juga: Ratapan Keluarga Korban Warnai Peresmian Monumen KM Sinar Bangun, 164 Nama Korban Diukir Sebagai Pengingat

Ratusan kilometer rela ditempuh dengan sepeda motor untuk melepas kerinduan sebagai upaya mengikhlasan kepergian anaknya.

Begitu pun Hermanto mengaku berat dan sulit menerima kenyataan atas kepergian anaknya itu, karena tidak ada jasad, sehingga terkadang menganggap almarhum "merantau".

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X