Puluhan Ribu Warga di Gunungkidul Terdampak Kekeringan

Kompas.com - 16/06/2019, 18:43 WIB
ilustrasi kekeringan
KOMPAS ilustrasi kekeringan

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dampak kemarau mulai dirasakan sebagian masyarakat Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, sedikitnya ada 10 kecamatan dari 18 kecamatan sudah terdampak kekeringan

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Edy Basuki mengatakan, 10 kecamatan yang terdampak kekeringan yaitu Kecamatan Girisubo, Rongkop, Purwosari, Tepus, Ngawen, Ponjong, Semin, Patuk, Semanu, dan Paliyan dengan rincian 248 dusun, 50 desa dan 21.519 kepala keluarga.

Jika dirinci, jumlah warga terdampak itu mencapai 76.514 jiwa.


Baca juga: Pemkab Magetan Sebut Kerugian Petani akibat Kekeringan Capai Rp 13 Miliar

Pihaknya akan terus melakukan pendataan sehingga data penyaluran bantuan bisa akurat.

Menurut dia, potensi bertambahnya desa maupun jiwa yang terdampak kekeringan masih sangat mungkin seiring datangnya puncak musim kemarau.

"Tanggal 1 Juni sudah droping ke Kecamatan Paliyan, Girisubo, kemudian setelah libur Lebaran kita juga droping ke Kecamatan Rongkop. Anggaran BPBD sekitar Rp 530 juta untuk 2.200 tangki air," katanya saat dihubungi melalui telepon, Minggu (16/6/2019).

Untuk penyaluran air bersih tidak hanya dilaksanakan oleh BPBD karena beberapa kecamatan sudah memiliki tangki sendiri.

Baca juga: Kekeringan, Petani di Magetan Babat Padi untuk Pakan Ternak

Agar tidak tumpang tindih bantuan, sudah ada koordinasi terkait dengan pelaksanaan penyaluran bantuan air bersih dengan kecamatan. Selain itu berkoordinasi terkait lokasi yang dituju karena geografis berat.

"Akan ada pembagian wilayah dalam penyaluran sehingga tidak ada penyaluran bantuan yang sama di satu titik," ucapnya.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X