Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Sidang MK, Kampus Unpad Jatinangor Dijaga Ketat

Kompas.com - 13/06/2019, 15:30 WIB
Aam Aminullah,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Jelang sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Presiden (PHPU) 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Jumat (14/6/2019), kampus Universitas Padjajaran di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, dijaga ketat aparat TNI/Polri.

Pengamanan dilakukan oleh 270 anggota Polres Sumedang dan personel TNI dari Kodim 0610/Sumedang sejak Kamis (13/6/2019) siang.

Pengamanan dilakukan karena besok, ruang Sidang Arysena Satria Adjie Kolopaking (ASAK) Moot Court Room Lantai 3 Gedung 3, Kampus Fakultas Hukum Unpad Jatinangor akan dipakai untuk video conference Sidang MK.

Baca juga: [BERITA POPULER] Jemaah Shalat Id Bubar Karena Khatib Ceramah Politik | Seruan Prabowo Jelang Sidang MK

Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo mengatakan, pada hari ini, pihaknya melakukan pengecekan sekaligus pengamanan gedung yang akan dijadikan lokasi video conference.

Dia menuturkan, 270 personel gabungan akan siaga sejak hari ini hingga sidang MK selesai.

"Selain anggota TNI/Polri, sekuriti internal Unpad Jatinangor juga akan dilibatkan," ujarnya seusai melakukan pengecekan gedung 3 kampus Unpad Jatinangor, Kamis siang.

Hartoyo menyebutkan, pihaknya juga melakukan pengecekan dan uji coba sarana video conference di lokasi rencana sidang saksi gugatan Pilpres yang akan dilaksanakan oleh MK.

Baca juga: Ganjar: Daripada ke MK, Simak Berita Online atau Nonton TV Saja...

Dalam uji coba tersebut, dilakukan pembicaraan dari gedung MK Jakarta dengan operator IT Unpad dan Karo Ops Polda Jabar.

"Hasil uji coba tadi, suara dan gambar jelas sehingga dapat dipergunakan. Menurut keterangan dari pelaksana video conference bahwa belum ada jadwal resmi yang akan dilaksanakan sidang video conference dan masih menunggu pemberitahuan lebih lanjut dari MK," tuturnya.

Menurut Hartoyo, lokasi video conference aman dan dapat digunakan dengan kapasitas gedung dapat menampung 200 orang.

"Sarana prasarana video conference, gedung hingga lingkungan kampus Unpad Jatinangor aman digunakan," tuturnya.

Baca juga: Tak Perlu ke Jakarta Saat Sidang MK, Pak Prabowo Sudah Bicara...

Sementara itu, Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Sumedang Nugraha Herianto Pangihutan Sinaga mengatakan, GMKI akan turut hadir saat pelaksanaan video conference sidang MK di kampus Unpad Jatinangor.

"Untuk sidang besok memang belum ada undangan resmi, tapi kami akan hadir. Kapasitasnya sebagai pemantau saja," ucapnya.

Herianto menyebutkan, informasi yang diterima GMKI Cabang Sumedang, saksi yang akan dihadirkan untuk video conference di kampus Unpad Jatinangor ini merupakan saksi dari tim paslon peserta Pilpres 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com