Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

81 Terduga Pelaku Pembakaran 87 Rumah di Buton Diamankan

Kompas.com - 08/06/2019, 14:33 WIB
Kiki Andi Pati,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

KENDARI, KOMPAS.com - Sebanyak 81 orang terduga pelaku kerusuhan dan pembakaran 87 rumah di Desa Gunung Jaya, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil diamankan polisi, Sabtu (8/6/2019) pagi.

Kabid Humas Polda Sultra AKBP Harry Goldenhardt mengatakan, 81 terduga pelaku diamankan oleh petugas gabungan dari TNI-Polri.

Siang ini, puluhan terduga pelaku akan tiba di Mapolda Sultra.

"Iya, tadi pagi dari pukul 07.30 Wita sampai 09.30 Wita telah diamankan 81 pelaku pembakaran. Ke 81 pelaku sedang dalam proses pergeseran dari buton menuju Kendari melalui jalur laut," kata Harry saat dihubungi, Sabtu.

Baca juga: 5 Fakta Kerusuhan di Buton, Pasukan Raider Dikerahkan hingga 87 Rumah yang Dibakar Kembali DIbangun

Para terduga pelaku ini akan menjalani serangkaian pemeriksaan oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sultra.

"Terduga pelaku pembakaran ini, diperkirakan tiba di Kendari pukul 15.00 Wita. Selanjutnya langsung akan dibawa menuju Mapolda Sultra," terangnya.

Sedangkan status ke 81 orang yang diamankan itu masih terperiksa. Nantinya dari hasil pemeriksaan akan terlihat jelas peran dari masing-masing terduga pelaku itu.

Harry menambahkan, personel Brimob Polda Sultra akan mengawal 81 terduga pelaku hingga ke mapolda. Saat ini Satuan Brimob menuju ke Pelabuhan Amolengo, Konawe Selatan, untuk menjemput para pelaku.

Diberitakan sebelumnya, akibat kerusuhan antarwarga dua desa di Kabupaten Buton pada Rabu (5/6/2019), dua orang tewas, dan puluhan lain mengalami luka-luka, serta 87 rumah dibakar.

Baca juga: Pemprov Akan Bangun Kembali Rumah yang Terbakar Akibat Kerusuhan di Buton

Tak hanya itu, 1.062 orang dari Desa  Gunung Jaya mengungsi ke desa-desa terdekat di wilayah Kecamatan Pasarwajo.

Polda Sultra mengerahkan 317 personel kepolisian untuk mengamankan lokasi kerusuhan, dibantu 100 anggota TNI dari satuan Raider 700 Kodam XIV/ Hasanuddin Makassar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com