Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Narapidana yang Kabur Pasca Kerusuhan Rutan Siak Masih Dicari

Kompas.com - 12/05/2019, 11:01 WIB
Idon Tanjung,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Aparat kepolisian masih mencari empat belas orang narapidana yang kabur pasca kerusuhan di Rutan Kelas IIB Siak Sri Indrapura, Riau.

"Ada 14 narapidana lagi yang dilakukan pencarian. Sedangkan yang lainnya sudah dievakuasi ke beberapa rutan di Riau," sebut Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (12/5/2019).

Untuk jumlah narapidana yang kabur pasca-kerusuhan Rutan Siak sebanyak 153 orang. Mereka kabur setelah membakar bangunan Rutan Siak.

"Narapidana yang kabur, satu persatu berhasil ditangkap oleh petugas kepolisian. Tapi ada juga yang menyerahkan diri. Jadi masih ada 14 orang lagi yang dicari," ujar Sunarto.

Baca juga: Pasca-kerusuhan, Ratusan Napi Rutan Siak Dipindahkan dengan Pengawalan ketat

Dia menambahkan, untuk data identitas 15 tahanan yang masih kabur ini belum dapat diketahui, karena file penyimpanan data ikut terbakar.

Sementara itu, Sunarto menyampaikan, jumlah narapidana yang sudah dievakuasi sebanyak 615 orang. Mereka dipindahkan sebagian ke rutan maupun lembaga pemasyarakatan di Pekanbaru, Kampar, Bengkalis dan Dumai.

Sementara 33 orang narapidana belum dievakuasi, karena ada yang masih dirawat hingga pemeriksaan kepolisian terkait kerusuhan Rutan Siak.

"Dua orang narapidana dirawat di RSUD Siak karena luka-luka, 1 orang dipindahkan ke tahanan Polsek Siak, 7 orang diperiksa polisi terkait kerusuhan Rutan Siak, dan 9 orang baru ditangkap diamankan di polsek terdekat di Siak," kata Sunarto.

Baca juga: 5 Fakta Kericuhan Rutan Siak, Temuan Sabu hingga Rutan Dibakar dan Napi Kabur

Oleh sebab itu, Rutan Siak saat ini dikosongkan. Apalagi sebagian bangunan rutan hangus terbakar pasca kerusuhan.

Diberitakan sebelumnya, narapidana Rutan Kelas IIB Siak Sri Indrapura mengamuk dan melakukan pembakaran bagian depan rutan, Sabtu (11/5/2019) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Mereka mengamuk setelah adanya dugaan petugas sipir memukul warga binaan.

Setelah melakukan pembakaran, ratusan narapidana mengambil kesempatan untuk melarikan diri. Petugas rutan panik dengan situasi tersebut, sehingga berkoordinasi dengan aparat kepolisian di Siak.

Untuk diketahui pula, Rutan Siak Sudah melebihi kapasitas. Daya tampung rutan hanya 125 orang, akan tetapi diisi sebanyak 648 orang.

Baca juga: 2 Pleton Personel Brimob Polda Riau Kawal Pemindahan Napi Rutan Siak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com