Pasca-kerusuhan, Ratusan Napi Rutan Siak Dipindahkan dengan Pengawalan ketat

Kompas.com - 12/05/2019, 07:51 WIB
Proses pemindahan tahanan dari Rutan Kelas IIB Siak ke Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru pada Sabtu malam (11/5/2019) KOMPAS.com/ CITRA INDRIANIProses pemindahan tahanan dari Rutan Kelas IIB Siak ke Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru pada Sabtu malam (11/5/2019)

PEKANBARU,KOMPAS.com - Pasca- kerusuhan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Pekanbaru, Sabtu (11/5/2019) dini hari sejumlah bangunan Rutan rusak karena terbakar.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto menyatakan hingga Sabtu malam, jumlah tahanan yang kabur atau yang belum ditemukan berjumlah 14 orang. Sedangkan untuk data dan identitasnya masih belum diketahui karena sejumlah file tahanan ikut terbakar.

"Total dari jumlah tahanan di Rutan kelas IIB Siak sebanyak 648 orang. Laki-laki dewasa sebanyak 610 orang dan laki-laki anak 12 orang. Sedangkan jumlah yang perempuan berjumlah 26 orang," jelas Narto.

Baca juga: 5 Fakta Kericuhan Rutan Siak, Temuan Sabu hingga Rutan Dibakar dan Napi Kabur

Sementara itu, sebanyak 615 tahanan dipindahkan ke beberapa lapas yang ada di sekitar Riau pada Sabtu (11/5/2019) malam pukul 19.30 WIB.

Rincian tahanan yang dipindahkan adalah 81 orang dipindahkan ke Rutan Bangkinang, 12 orang ke Rutan Anak Pekanbaru, 45 orang ke Rutan Bengkalis, 26 orang ke Lapas kelas II A Pekanbaru, 5 orang ke Rutan Dumai, 73 orang ke Rutan Gobah Pekanbaru. Sementara 265 orang dipindahkan ke Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru dan 108 orang tahanan dipindahkan ke Rutan Gobah Pekanbaru.

Untuk proses pemindahan tahanan di kawal oleh 2 pleton pasukan Brimobda Polda Riau yang berjumlah sebanyak 56 personil.

Baca juga: 2 Pleton Personel Brimob Polda Riau Kawal Pemindahan Napi Rutan Siak

Narto mengatakan, saat ini kondisi keamanan di Rutan mulai kondusif, namun ratusan petugas kepolisian dari Polres Siak dan Brimobda Polda Riau masih disiagakan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X