Harga Bawang Putih Mahal, Warga Beralih ke Bumbu Siap Saji

Kompas.com - 08/05/2019, 13:34 WIB
Lapak pedagang sembako di Pasar Induk Atrium Pangkal Pinang, Rabu (8/5/2019). KOMPAS.com/HERU DAHNURLapak pedagang sembako di Pasar Induk Atrium Pangkal Pinang, Rabu (8/5/2019).

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Harga bawang putih di Pangkal Pinang pada awal Ramadhan naik dua kali lipat menjadi Rp 60.000 - Rp 65.000 per kilogram. Padahal harga sebelumnya sekitar Rp 30.000 per kilogram.

" Bawang putih bersih kualitas bagus saat ini Rp 65.000 per kilogram. Kami hanya jual sedikit yang ini saja," kata Era, pedagang sembako di Pasar Induk Pangkal Pinang, kepada Kompas.com, Rabu (8/5/2019).

Baca juga: Harga Bawang Putih di Karawang Meroket 2 Kali Lipat

Era mengatakan, harga bawang putih melonjak drastis karena pasokan dari distributor yang terbatas. Padahal dalam waktu bersamaam permintaan masyarakat dan pengusaha kuliner meningkat.

"Kabarnya ada pasokan lebih banyak. Harga nanti bisa turun. Ini pun juga sudah turun dari sebelumnya mencapai Rp 80.000 per kilogram," ujarnya.

Wati, pedagang lainnya mengaku menjual bawang putih Rp 60.000 per kilogram.

Selama kenaikan harga itu, penjualan berkurang karena konsumen mengurangi pembelian.

"Rata-rata yang beli dua sampai tiga ons saja," ujarnya.

Dampak dari kenaikan harga itu, omzet pedagang eceran berkurang dari biasanya 30 kilogram menjadi 10 sampai 15 kilogram per hari.

Baca juga: Pasokan Belum Datang, Harga Bawang Putih Rp 80.000 di Padang

Pedagang berharap keuntungan dari penjualan sembako lainnya seperti cabai merah dan sayur-sayuran.

Peri, pembeli bawang putih yang memiliki bisnis rumah makan mengaku harus beralih ke bumbu siap saji untuk mengganti bawang putih yang harganya melonjak.

"Porsi bawang putih sedikit dikurangi. Kalau harga murah biasanya kami jadikan bumbu, tanpa tambahan penyedap. Sekarang pakai bumbu siap saji," kata Peri,

Pedagang sembako di Pangkal Pinang hingga saat ini mengandalkan bawang putih impor dari China serta dari Pulau Jawa.

Berbeda dengan bawang putih, harga bawang merah stabil di kisaran Rp 28.000 sampai Rp 30.000 per kilogram.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X