Berawal dari Komputer Bekas, Donny Sukses Bangun Bisnis IT dan Malang Strudel

Kompas.com - 08/05/2019, 10:41 WIB
Donny Kris Puriyono, pemilik PT WinnerTech Lintas Nusa dan pendiri bisnis oleh-oleh Malang Strudel. Dok. Pribadi/KONTANDonny Kris Puriyono, pemilik PT WinnerTech Lintas Nusa dan pendiri bisnis oleh-oleh Malang Strudel.

KOMPAS.com - Selalu saja di berbagai artikel, hobi yang dijalani bisa mengantarkan seseorang pada kesuksesan berbisnis. Asalkan, dibarengi dengan sikap pantang menyerah dan keinginan untuk selalu berkembang.

Hal itulah yang terjadi pada Donny Kris Puriyono, pemilik PT WinnerTech Lintas Nusa dan pendiri bisnis oleh-oleh Malang Strudel. Dari hobi mengotak atik komputer bekas yang dibelikan ayahnya, kini Donny sukses berbisnis komputer dan kuliner.

Simak perjalanannya dari memulai usaha, sering kena tipu hingga melebarkan sayap bisnis ke dunia kuliner.

Berawal dari otak atik komputer bekas

Awalnya, sang ayah membelikan Donny komputer bekas saat dia masih duduk di bangku SPM. Dari situ, dia jadi hobi mengotak atik komputer bekasnya dan banyak membaca soal komputer.


Kemudian sewaktu SMA, Donny memberanikan diri membuka usaha servis komputer dan pembuatan desain brosur.

“Pas mau ujian akhir, ada tetangga yang minta bantuan saya bikin perangkat untuk wartel (warung telepon),” ujar pria kelahiran Malang, 20 April 1982 ini.

Baca juga: Sempat Jatuh Bangun, Mantan PNS Ini Sukses Kembangkan Bisnis Jersey Beromset Rp 36 M per Tahun

Meski tidak punya pengalaman sedikit pun, dia menyanggupi permintaan tersebut. Hasilnya, Donny memang berhasil merampungkan pekerjaan membuat wartel dalam tempo empat hari.

“Keuntungannya lumayan, saya lupa persisnya, tapi lebih tinggi daripada gaji karyawan,” ungkapnya.

Sejak itu, Donny makin mantap mengambil jurusan teknik informatika saat kuliah. Ia pun kuliah di Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI), Malang.

Sewaktu kuliah, Donny juga membuka usaha di bidang komputer. berbekal modal Rp 1 juta Donny dan tiga teman kampusnya membuka jasa rakit komputer, pengetikan hingga desain. Di sisi lain, Donny punya kesibukan sendiri membuka kursus komputer untuk anak SMP.

Tapi, kongsi dengan tiga temannya bubar di tengah jalan gara-gara tidak satu visi lagi. Donny akhirnya meneruskan usaha toko komputer seorang diri, sambil tetap kuliah dan memberi les komputer.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X