Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Tolak Perdagangan Daging Anjing di Solo

Kompas.com - 25/04/2019, 14:49 WIB
Labib Zamani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


SOLO, KOMPAS.com - Koalisi Dog Meat Free Indonesia (DMFI) yang terdiri dari organisasi perlindungan hewan dari Indonesia bersama Animal Friends Jogja (AFJ) dan Sahabat Anjing Solo melakukan kampanye menolak perdagangan daging anjing di depan Balai Kota Jalan Jenderal Sudirman Solo, Jawa Tengah, Kamis (25/4/2019).

Aksi tersebut merupakan bentuk keprihatinan mereka atas maraknya perdagangan daging anjing yang ada di wilayah Solo dan sekitarnya.

Sebab, dari hasil investagasi yang mereka lakukan, sedikitnya ada 82 warung di Solo yang secara terang-terangan menjual daging anjing.

Baca juga: Tolong Larang Perdagangan Daging Anjing dan Kucing

"Belum lagi yang ada di sekitar Solo yang tidak terang-terangan menyebutkan bahwa warung ini menjual daging anjing," kata Angelina Pane, perwakilan Dog Meat Free Indonesia, di sela-sela aksi di Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Menurut Angelina, puluhan warung yang secara terang-terangan menjual daging anjing tersebut didapat dari hasil invetigasi yang dilakukan pada Januari 2019.

Dari hasil investigasi yang dilakukan, lanjut dia, ada peningkatan signifikan jumlah warung di Solo yang terang-terangan menjual daging anjing.

"Dari temuan (warung) itu kami mendapat angka sekitar 13.700 anjing yang dikonsumsi di Solo setiap bulannya," ujar Angelina, yang juga anggota komunitas Animal Firends Jogja.

Adapun anjing yang dijual di warung-warung yang ada di Solo ini sebagian besar didatangkan dari luar Solo, seperti Tasikmalaya, Garut dan dari Surabaya, Jawa Timur.

Angelina menambahkan, yang mengerikan lagi karena Jawa Barat belum memperoleh predikat kota bebas rabies. Bahkan, ada beberapa kasus rabies yang ditemukan di sana.

Baca juga: Desa di Bali Ini Terbitkan Perdes Untuk Cegah Peredaran Daging Anjing

"Arus transportasi masuk anjing secara massal itu hampir mungkin 500 anjing setiap harinya. Dan itu jauh lebih tinggi di kota kami, Jogja," kata dia.

Selain menyerukan kampanye menolak perdagangan daging anjing, pihaknya juga akan menyerahkan hasil investigasi tersebut kepada Wali Kota Surakarta.

"Kami juga mengusulkan pendekatan kolaboratif untuk bekerja sama dengan pemerintah untuk mendukung komitmen Indonesia dalam mengakhiri perdagangan daging anjing," terang dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com