Rekonstruksi Kasus Penemuan Mayat Dalam Koper, Adegan 11 dan 12 Tunjukkan Cara Pelaku Bunuh Korban

Kompas.com - 24/04/2019, 13:12 WIB
Suasana rekonstruksi pembunuhan disertai mutilasi di Desa Sambi, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri, Jawab Timur, Rabu (24/4/2019). KOMPAS.com/ M.Agus Fauzul HakimSuasana rekonstruksi pembunuhan disertai mutilasi di Desa Sambi, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri, Jawab Timur, Rabu (24/4/2019).

KEDIRI, KOMPAS.com - Dua tersangka pembunuhan disertai mutilasi dengan korban Budi Hartanto, yang mayatnya ditemukan di dalam koper di Blitar, Jawa Timur, menjalani reka adegan, Rabu (24/4/2019).

Di antara 38 adegan rekonstruksi yang dilakukan tersangka AS dan AP, ada beberapa adegan yang disebut adegan kunci terjadinya perkara pembunuhan itu.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur Komisaris Besar Frans Barung Mangera mengatakan, beberapa adegan kunci tersebut misalnya pada adegan ke 11 dan 12 bagaimana pembunuhan itu terjadi.

"Adegan 11 dan 12 puncak bagaimana mutilasi dan kematian itu," ujar Barung ditemui di lokasi rekonstruksi, Rabu.

Baca juga: 2 Tersangka Pembunuhan Mayat Dalam Koper Jalani Rekonstruksi

Rekonstruksi itu, kata Barung, merupakan penggambaran lapangan untuk menjelaskan bagaimana keterkaitan, baik tersangka dan korban pada perkara pembunuhan itu.

Sekaligus upaya kepolisian untuk menjaga transparansi perihal penyelidikan hingga penyidikan terhadap perkara itu.

Semua adegan tersebut merupakan bagian dari pencocokan antara gambaran lapangan dengan pemeriksaan yang telah diambil dari masing-masing tersangka.

Jika nantinya di lapangan ditemukan ketidakcocokan dengan pemeriksaan sebelumnya, kata Barung, maka pihaknya akan melakukan penggalian lebih mendalam.

"Kalau ada yang tidak cocok, berarti ada kebohongan. jika ada perbedaan, akan digali," imbuhnya.

Baca juga: 6 Fakta Kasus Mayat dalam Koper, Pelaku Pinjam Koper Milik Ibu hingga Alasan Korban Dimutilasi

Sebelumnya diberitakan, reka adegan yang menghadirkan dua tersangka yakni AS dan AP itu digelar langsung oleh Polda Jatim dan diikuti oleh tiga Polres yakni Blitar, Kabupaten Kediri, serta Kabupaten Blitar.

Mereka akan menjalani sebanyak 38 adegan yang dimulai dari adegan pertama dimana korban berangkat dari sanggar tarinya di Kota Kediri menuju warung milik tersangka AS di Jalan Surya Desa Sambi, Kabupaten Kediri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X