Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.100 Personel Gabungan Amankan 7.107 TPS di Kota Bandung

Kompas.com - 15/04/2019, 11:08 WIB
Agie Permadi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 2.100 personel diterjunkan untuk menjaga 7.107 tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Bandung.

Nantinya, setiap masing-masing personel gabungan dari Polda Jabar dan TNI ini ditempatkan di setiap TPS di Kota Bandung, dengan pola pengamanan 12 TPS dijaga dua petugas kepolisian dan lima anggota Linmas.

"Dua polisi amankan 12 TPS dibantu anggota Linmas sebanyak 24 orang," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema, usai apel Serpas (Pergeseran Pasukan) Pengamanan Pemilu 2019, di Kota Bandung, Senin (15/4/2019).

Baca juga: Polresta Surakarta Terjunkan 800 Personel Amankan TPS di Solo

Selain TPS umum, anggota juga bakal mengamankan TPS mobile, seperti di rumah sakit. Jumlah anggota akan dikoordinasikan kembali dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU)

"Jumlah personelnya kami kordinasikan dengan KPU untuk memastikan berapa jumlah TPS mobile," tutur dia.

Lebih lanjut, Irman mengatakan, berdasarkan analisa, ada sedikitnya 11 TPS yang dinilai rawan. Namun, pihaknya tak menjelaskan secara rinci daerah mana saja TPS yang rawan tersebut.

"Kami menilai secara geografis ada 11 TPS yang rawan," ujar dia.

Kerawanan tersebut dilihat dari potensi konflik, misalnya adanya sengketa lahan. "Untuk pengamanannya akan kita matangkan kembali," tutur dia.

Baca juga: 1.822 Linmas Disiapkan KPU Mimika Jaga 911 TPS

Untuk itu, dia mengimbau kepada semua calon untuk menjaga konfusifitas keamanan di Kota Bandung, khusunya di masa tenang ini.

"Kami harapkan sampai tanggal 17 nanti, semua berjalan kondusif," harap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com