Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polresta Surakarta Terjunkan 800 Personel Amankan TPS di Solo

Kompas.com - 15/04/2019, 09:43 WIB
Labib Zamani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


SOLO, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Surakarta menerjunkan 800 personel untuk melakukan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2019 di Solo, Jawa Tengah, Rabu (17/4/2019).

Hal tersebut disampaikan Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ribut Hari Wibowo dalam apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan TPS Pemilu Tahun 2019 di Halaman Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (15/4/2019).

Baca juga: Ini Alasan KPU Pangkas 255 TPS Menjadi 168 TPS di Kuala Lumpur

"Ada 800 personel yang nanti melakukan pengamanan di TPS. Kami masih ada pasukan cadangan yang lain untuk membantu apabila dibutuhkan," kata Ribut.

Ribut menambahkan, pihaknya juga mendirikan sembilan posko pengamanan di titik-titik strategis selama pelaksanaan Pemilu 2019. Hanya saja, Ribut tidak menjelaskan secara rinci sembilan posko pengamanan tersebut.

Menurut dia, sembilan posko strategis yang didirikan tersebut sudah dilengkapi dengan peralatan dan ditempatkan gabungan peleton Brimob, TNI, dan perwira pengendali.

Sehingga, apabila ada petugas TPS yang menginginkan bantuan segera, personel yang berada di sembilan posko pengamanan tersebut dapat segera tiba di lokasi.

"Posko kami dirikan di titik strategis yang kita anggap mudah untuk melakukan mobilisasi pergerakan pasukan apabila ada hal-hal yang membutuhkan kehadiran polisi secara cepat," ungkap dia.

Baca juga: KPU Akan Cek Pengamanan Surat Suara di Malaysia

Ribut menyebutkan, di Solo ada sebanyak 1.734 TPS yang tersebar di lima kecamatan dan 51 kelurahan. Dari jumlah tersebut, ada beberapa TPS rawan yang telah teridentifikasi oleh kepolisian.

"Dan kami sudah lakukan antisipasi TPS rawan. Insya Allah aman," ujar dia.

Ribut mengimbau, masyarakat untuk tidak takut datang ke TPS menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019. Karena polisi telah memberikan jaminan dari sisi keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com