Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bermagnitudo 6,9 di Banggai Terasa Sampai di Makassar

Kompas.com - 12/04/2019, 20:04 WIB
Himawan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


MAKASSAR, KOMPAS.com - Getaran gempa bumi bermagnitudo 6,9 yang mengguncang wilayah Banggai dan Banggai Kepulauan, Jumat (12/4/2019) malam, turut dirasakan hingga di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Salah satu staf Pusat Gempa Regional IV BMKG Makasssar Kaharuddin membenarkan hal itu. BMKG mencatat, getaran yang dirasakan di Kota Makassar bekisar III Modified Mercally Intersitiy (MMI).

Baca juga: Warga Panik Setelah Gempa Bermagnitudo 6,9, Situasi Kota Luwuk di Banggai Kacau

"Ada laporan yang merasakan di Makassar, terutama yang berada di gedung tinggi," kata Kaharuddin kepada Kompas.com, Jumat (12/4/2019) malam.

Kaharuddin mengatakan, selain Makassar beberapa wilayah di Sulawesi Selatan yang merasakan getaran gempa yang berpusat di Luwuk, Banggai, ialah Poso, Buol, Morowali, Banggai dan Palu IV MMI, Kolaka Utara dan Toli-toli III-IV MMI, Sumalata, Kotamobagu, Palopo, Kolaka, Kepulauan Konawe III MMI, Gorontalo dan Kendari II-III MMI, Manado, Pinrang dan Konawe II.

Baca juga: Gempa Sulteng Berpotensi Tsunami, Warga Diminta Jauhi Pantai

"Kalau daerah Makassar, Pinrang, dan Manado, tidak berpotensi tsunami," imbuh dia.

Sebelumnya, gempa bumi bermagnitudo 6,9 yang mengguncang wilayah Banggai dan Banggai Kepulauan, Jumat (12/4/2019) malam, menyebabkan warga berlarian ke tempat-tempat tinggi atau gunung.

Warga berlarian karena laporan BMKG menyebutkan bahwa gempa itu berpotensi tsunami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com