Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 6,9 di Banggai Kepulauan Terasa hingga Palopo dan Luwu

Kompas.com - 12/04/2019, 19:47 WIB
Amran Amir,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PALOPO, KOMPAS.com - Gempa dengan Magnitudo 6,9 mengguncang banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (12/04/2019) malam pukul 19.40 Wita.

Siaran Pers BMKG menyebutkan gempa terjadi pada kedaalaman 10 kilometer atau di wilayah 85 kilometer Barat Daya Banggai Kepulauan.

Getaran gempa juga terasa di Kota Palopo dan wilayah Kabupaten Luwu. Di Kota Palopo, khususnya di Kelurahan Sampoddo, Kecamatan Wara Selatan, getaran gempa disertai dengan angin kencang membuat warga kaget dan panik.

“Saya keluar rumah habis shalat melihat cuaca karena kelihatannya akan hujan deras, tapi ternyata angin kencang melanda. Di saat itu juga rumah terasa goyang seperti gempa, saya teriak warga di kompleks juga teriak, waduh ternyata gempa. Kami semua berlari keluar rumah sambil mencari tahu di mana lokasi gempa,” kata Kikiyanti, warga Sampoddo saat ditemui, Jumat.

Baca juga: Gempa Magnitudo 6,9 Guncang Sulteng, Terasa Sampai Manado

Begitu pun di Kabupaten Luwu, warga yang berada di Desa Pabbaresseng mengaku merasakan getaran gempa.

“Kaget saya karena air pasang yang di depan got rumah baru saja surut tapi kelihatan bergelombang seperti ada yang goyangkan, saya rasakan kepala saya sedikit oleng, ternyata getaran gempa,” kata Nur saat dikonfirmasi.

Baca juga: Gempa Bermagnitudo 6,9 di Banggai Kepulauan Berpotensi Tsunami, Warga Berlarian ke Gunung

Hingga saat ini meski getaran gempa terasa di dua daerah tersebut, namun pantauan di lokasi tidak ada kerusakan yang ditimbulkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com