Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Papua Akan Buat TPS Khusus Penyandang Disabilitas

Kompas.com - 09/04/2019, 19:57 WIB
Dhias Suwandi,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua akan membuat tempat pemungutan suara (TPS) khusus bagi penyandang disabilitas di Kota Jayapura.

"Kita sudah rencanakan ada TPS  khusus bagi difabel dan KPU akan mengakomodir itu semua, mulai dari penjemputan hingga pengantaran, kita lakukan," ujar Ketua KPUD Papua Theodorus Kosay, di Jayapura, Selasa (9/4/2019).

Baca juga: Sewa Heli Rp 80 Juta Per Jam, KPU Percepat Distribusi Logistik Pemilu ke Wilayah Pegunungan Papua

KPUD Papua, kata Theodorus, telah berkordinasi dengan KPUD Kota Jayapura agar rencana tersebut direalisasikan pada 17 April 2019.

Penyamaan hak masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus, ditegaskannya juga menjadi perhatian bagi KPU sehingga pembuatan TPS tersebut sudah menjadi sebuah keharusan.

Baca juga: Komnas HAM Perpanjang Penyelidikan Kasus Penembakan di Paniai, Papua

Hanya ia belum dapat menginformasikan lokasi pasti TPS bagi penyandang disabilitas karena dari sisi teknis seluruhnya dikerjakan KPUD Kota Jayapura.

Mengenai masih banyaknya penyandang disabilitas yang belum masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), Theodorus menyatakan kini KPU tengah bekerja agar mereka bisa mendapatkan hak pilih pada 17 April.

"Di Kota Jayapura itu ada 600an, 162 itu sudah terdafrtar sisanya ini kita sudah sampaikan ke ketuanya (komunitas penyandang disabilitas) untuk dicek lagi apakah sudah terdaftar atau belum," kata dia.

Sebelumnya, Komisioner Bawaslu Kota Jayapura, Rinto Pakpahan mengaku bila pihaknya sudah mengusulkan kepada KPUD Kota Jayapura untuk membuat TPS khusus bagi penyandang disabilitas.

Namun, ia menegaskan Bawaslu hanya bisa mengusulkan, dan untuk realisasinya menjadi tanggung jawab KPU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com