Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Berupaya Pulihkan Mental Anak-anak Korban Banjir Jayapura

Kompas.com - 23/03/2019, 10:48 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Krisiandi

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com - Bencana alam banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, menyisakan duka mendalam bagi mereka yang terdampak.

Kehilangan anggota keluarga yang dicintai atau harta benda secara tiba-tiba membuat kepedihan yang bisa berkepanjangan. 

Hingga Sabtu (23/3/2019) tercatat di Posko Induk Gunung Merah Sentani jumlah korban meninggal dunia akibat banjir bandang sebanyak 105 jiwa.

Sedangkan untuk jumlah pengungsi mencapai 11.589 jiwa atau sebanyak 2.718 kepala keluarga.

Ribuan pengungsi ini tersebar di 29 titik pengungsian yang dikoordinasi dalam 6 zona pengungsian.

Salah satu yang paling terdampak oleh duka bencana alam ini adalah anak-anak. Karena itu Tim Kesehatan Gabungan TNI berinisiatif memberikan trauma healing kepada anak-anak pengungsi.

"Trauma healing ini dipimpin langsung Karumkit RS Marthen Indey Kol ckm dr. Budi SpKJ. (Spesialis Jiwa) dibawah Koordinator Kakesdam XVII/Cend Kolonel ckm dr. Djanuar fitriadi SpB," kata Kapendam 17 Cenderawasih Kolonel Inf. M. Aidi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu pagi.

Kegiatan trauma healing ini dilaksanakan secara bergilir ke titik-titik pengungsian, dengan diawali di posko pengungsian Gunung Merah Kantor Bupati Jayapura, pada Jumat (22/3/2019) sore.

Setidaknya ratusan anak-anak pengungsi antusias dan bergembira mengikuti berbagai permainan yang diadakan tim trauma healing.

Baca juga: Fotonya di Lokasi Bencana Viral, Ini Penjelasan Wakil Bupati Jayapura

Kegiatan trauma healing ini juga melibatkan ibu-ibu Persit Kodam XVII/Cen dan ibu-ibu Dharmapertiwi.

"Kegiatan trauma healing dilaksanakan sore dan malam hari. Anak-anak terlihat sangat ceria seakan melupakan segala duka yang sedang melanda, selain bermain, bernyanyi dan menari mereka juga mendapatkan berbagai hadiah hiburan dari ibu-ibu persit dan dharmapertiwi," ujar Aidi.

"Saat dilakukan trauma healing bagi anak-anak juga dilakukan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan bagi korban lainnya," tambah Aidi.

Kompas TV Untuk segera memulihkan kehidupan di kabupaten Jayapura pasca banjir bandang, PT PLN memperbaiki sejumlah gardu yang rusak. Namun PLN belum bisa masuk ke daerah-daerah yang masih terendam banjir. Sejak hari pertama banjir bandang melanda kota Sentani, kabupaten Jayapura, Papua, unit pelaksana pelayanan pelanggan PLN Jayapura sudah mulai memperbaiki gardu-gardu yang rusak. #BanjirSentani #PLN #Jayapura
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com