Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPBD: Kebakaran Hutan di 2 Kabupaten di Riau Ditangani Lebih Serius

Kompas.com - 21/03/2019, 16:20 WIB
Idon Tanjung,
Khairina

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memantau kondisi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau melalui udara, Kamis (21/3/2019).

Dari pantauan itu, masih terdapat beberapa titik api kebakaran yang mesti ditangani lebih serius.

"Tadi kami bersama Manggala Agni, TNI dan Polri meninjau beberapa titik karhutla mulai dari Pelalawan, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir," kata Kepala BPBD Riau Edwar Sanger saat diwawancarai Kompas.com, Kamis.

Baca juga: Luas Karhutla di Riau Sejak Januari Mencapai 1.938 Hektar

Dari hasil pemantauan, sambung dia, ada beberapa titik api yang memang harus ditangani lebih serius, yakni di Kabupaten Inhu dan Pelalawan.

"Tadi di Sungai Guntung, Inhu, kami melihat ada beberapa titik api yang harus kami padamkan, karena (titik api) itu sudah berbatasan langsung dengan SM (Suaka Margasatwa) Karumutan," ujar Edwar.

Kemudian, lanjut dia, kebakaran juga masih parah di Kabupaten Pelalawan dan Inhil, yang perlu menjadi perhatian khusus oleh tim Satgas Karhutla Riau.

"Kalau yang di Inhil saya kira tinggal titik-titik asap saja yang akan dituntaskan," ujar Edwar.

Menurutnya, titik api karhutla di Riau sedikit berkurang setelah diguyur hujan dengan intensitas sedang.

"Alhamdulillah, tadi pagi ada hujan sehingga kami terbantu di sana (Sungai Guntung Hilir). Setelah kami pantau tadi, ada asap-asap tipis yang harus kami tuntaskan. Kami juga melihat tadi tim satgas darat, TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD dan masyarakat yang sudah optimalisasi melakukan pemadaman di sana," ucap Edwar.

Baca juga: Polisi Masih Selidiki Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan 18 Titik di Dumai

Untuk diketahui, luas kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Inhu sejak Januari 2019, sekitar 51.5 hektar, sedang di Pelalawan lebih kurang 72 hektar.

Kebakaran di dua wilayah ini sangat sulit dipadamkan, karena gambut cukup dalam, mulai dari tiga hingga lima meter.

Kebakaran lahan gambut tersebut, juga mengakibatkan pemukiman warga diselimuti kabut asap.

Kompas TV Pemadaman kebakaran hutan dan lahan gambut hingga kini masih dilakukan tim satgas gabungan di Riau. Di Kabupaten Pelalawan, Riau, petugas mendatangkan alat berat untuk menyekat serta membuat embung air. Informasi selengkapnya mengenai pemadaman kebakaran hutan disampaikan oleh Jurnalis KompasTV Michiko Firzdewi dari Riau berikut ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com