Bahan Baku Cat Berpotensi Mengandung Babi, MUI Keluarkan Sertifikasi Halal

Kompas.com - 14/03/2019, 10:14 WIB
LPPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan sertifikasi halal untuk produk cat. Hal ini disebabkan karena dugaan bahan baku yang mengandung babi. KOMPAS.com/RENI SUSANTILPPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan sertifikasi halal untuk produk cat. Hal ini disebabkan karena dugaan bahan baku yang mengandung babi.

BANDUNG, KOMPAS.com – Direktur LPPOM Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Lukmnul Hakim mengatakan, terdapat berbagai bahan baku cat, mulai dari pigmen, binder (resin), solvent, hingga aditif.

Dari berbagai bahan tersebut, ada yang diduga mengandung babi.

Untuk menjamin kenyamanan dan melindungi umat muslim, terutama saat beribadah, MUI mengeluarkan sertifikasi halal untuk produk cat.

“( Cat) penting sekali untuk sertifikasi. Kesannya mengada-ada, tapi ini bukan mengada-ada. Cat bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti tempat ibadah,” ujar Lukmanul seusai penyerahan sertifikasi halal untuk Maritex di Hotel Zest Bandung, Rabu (13/3/2019) malam.

Baca juga: Pemkot Palopo Temukan Ratusan Produk Makanan Minuman Dijual Bebas Tanpa Label Halal

Lukmanul menjelaskan, saat ini baru Maritex cat yang mengantongi sertifikasi halal di Indonesia. Ia berharap, produsen cat lainnya segera mengurus sertifikasi halal cat.

“Di luar negeri, sepanjang pengetahuan saya, baru Malaysia yang mengeluarkan sertifikasi halal untuk cat,” ungkapnya.

Dalam ilmu fikih, sambung Lukmanul, cat yang sudah mengantongi sertifikat halal dijamin kesucian dan kehalalannya. Cat tersebut suci dan tidak najis ketika disentuh manusia.

Berbeda dengan makanan, unsur babi akan menjadi haram ketika dimakan. Sementara pada produk cat, akan menyebabkan najis.

Ketika ditanya bagaimana kehalalan cat yang belum disertifikasi, Lukmanul tidak bisa mengatakan cat tersebut halal atau haram.

“Namanya syubhat, jadi samar kehalalan atau keharamannya karena belum diketahui (belum diteliti). Untuk mengetahuinya perlu dilakukan sertifikasi,” ucapnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X